Connect with us

Ambon

Wagub Maluku Minta Semua Stekholder Jaga Stabilitas Keamanan

Laporan : Ekspresi

AMBON,EKSPRESIMALUKU.com – Wakil Gubernur Maluku, Zeth Sahuburua minta semua stekholder jaga stabitas keamanan. Radikalisme dan terorisme adalah musuh besar kita bersama untuk itu kita perangi  sehingga radikalisme dan terorisme tidak akan ada di daerah kita khususnya di Provinsi Maluku. Demikian diungkapkan Wakil Gubernur Maluku, Zeth Sahuburua kepada wartawan usai memimpin rapat tertutup bersama unsur pemerintahan, TNI/Polri, Tokoh Agama dalam membahas langkah-langkah antisipasi bahaya radikalisme di Maluku di lantai enam kantor Gubernur Maluku, Ambon, Senin (29/5/2017).

“Itu yang dibicarakan dan kita disini mempunyai tugas untuk menangkal radikalisme dan pemberantasan terhadap terorisme. Karena terorisme adalah musuh bersama,”Ucap Sahuburua

Namun dipastikan Sahuburua, berdasarkan laporan intelijen sejauh ini tidak ada yang menonjol terkait bahaya terorisme di Maluku.

“Tidak ada yang menonjol terkait laporan terorisme tapi kita harus antisipasi terhadap segala kemungkinan-kemungkinan yang bisa terjadi. kalau kita tidak hati-hati nanti kita yang repot, ya kita hati-hatilah,”Ucapnya.

Selain itu, masih kata Sahuburua, dalam rapat tersebut juga dibahas masalah stablitas keamanan selama bulan suci ramadhan 1438 Hijriah dimana umat muslim menjalankan ibadah puasanya. Sehingga stabilitas keamanan di Maluku selama ramadhan menjadi tanggungjawab semua kalangan.

“Itulah tadi kita bicarakan stabilitas keamanan baik dalam puasa maupun lebaran sampai kedepannya. Oleh sebab itu dalam menghormati ibadah puasa yang dijalankan basudara masyarakat Muslim, menjadi tanggungjawab kita semua menjaga stabilitas keamanan agar betul-betul impian Maluku menjadi laboratorium umat beragama di Indonesia bisa diwujudkan,”Jelasnya

Stabilitas keamanan bukan saja peranan dari TN I/Polri semata, melainkan peranan kita semua. “Peranan tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh agama, kita semua punya tanggungjawab penuh dan didukung penuh TNI/Polri saya kira betul-betul akan menjadikan daerah kita ini rasa aman. Supaya orang berjalan kemana-mana saja merasa aman,”Tuturnya

Apalagi kata Sahuburua, Maluku kedepannya pada September nanti akan mengadakan dua program program besar dibidang pariwisata sehingga stabilitas kemanan menjadi modal penting dalam menyukseskan dua program pariwisata tersebut.

“Kenapa stabilitas kemanan itu penting? karena program kita kedepan adalah program pariwisata, ada dua program besar yang akan kita laksanakan yaitu Tour de Mollucass pada September dan Peringatan 350 Perjanjian Penukaran Pulau Rhun di Banda dengan Manhattan oleh Inggris dan Belanda yang akan kita lakukan di Banda. Itu akan kita lakukan dan kita berencana mengundang Walikota New York ke Maluku sehingga saya kira stabilitas keamana harus kita jaga dengan baik,”Ingatnya

Maka dari itu, Sahuburua meminta masyarakat dan juga pers untuk dapat membantu pemerintah serta aparat keamanan dalam menjaga stabilitas keamanan di Maluku.

“Saya kira itu program-program yang akan kita lakukan, dalam rangka itulah partisipasi masyarakat, Pers juga harus menjaga berita-berita agar tidak memancing ketidakpercayaan masyarakat kepada pemerintah dan kita harus jaga (EM-ADN)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement

Gempa terkini di Indonesia

More in Ambon