Connect with us

Kec. Kota Masohi

Wabup Marlatu Leleury Buka Penghijauan Dalam Rangka Memperingati HPN 2021 di Masohi

Ketua Panitia HPN 2021 Kabupaten Maluku Tengah, Stewart Toisuta saat memberikan anakan pohon kepada Wakil Bupati Marlatu Leleury untuk ditanam. Senin, 08/02/2021 | Foto:EM

Laporan:Fatah

MASOHI,EKSPRESIMALUKU.com – Wakil Bupati Maluku Tengah, Marlatu L. Leleury, SH membuka dengan resmi kegiatan penghijaun dalam rangkan Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2021 yang berlangsung di Kota Masohi, Kabupaten Maluku Tengah, Senin, 08/02/2021.

Penghijauan yang dirangkai dengan penanaman 150 anakan pohon tersebut, turut dihadiri unsur Forkopimda, BUMN-BUMD, LSM serta OKP di Kota Masohi, Maluku Tengah.

“ Berkenaan dengan Kegiatan Penghijauan yang dilaksanakan saat ini, maka selaku pribadi dan atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Maluku Tengah, saya mengapresiasi dan menyambut baik terlaksananya kegiatan ini sekaligus mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh Insan Pers Maluku Tengah yang telah menginisasi terlaksananya kegiatan ini, “ ungkap Leleury dalam sambutannya.

Dikatakan, melalui kegiatan ini selain bertujuan untuk menjaga kelestarian alam dan juga mencegah terjadinya bencana alam, diharapkan juga dapat lebih mempererat tali silaturahmi antar sesama Insan Pers di Maluku Tengah bahkan dengan Pemerintah Daerah dan mitra-mitra kerja Pers Maluku Tengah.

Mengutip arahan Presiden Joko Widodo pada puncak peringatan Hari Pers Nasional Tahun 2020 lalu, yang mengatakan bahwa

“ Masyarakat yang sehat adalah masyarakat yang mendapatkan informasi yang sehat dan baik. Informasi yang baik memerlukan jurnalisme yang baik dan ekosistem yang baik. Ekosistem media harus dilindungi dan harus diproteksi sehingga masyarakat mendapatkan konten berita yang yang baik. Untuk Itu diperlukan industri pers yang sehat, “ jelas Leleury mengutip Presiden JokoWidodo pada puncak peringatan HPN tahun 2020 lalu.

Usai memberikan sambutan, Wakil Bupati Maluku Tengah, Marlatu Leleury di damping Forkopimda melakukan penanaman sejumlah anakan pohon di dua lokasi berbeda. Yakni di jalan trans seram (belakang pandopo Bupati) dan halaman SMA Negeri 4 Maluku Tengah.

Mengawalinya, Koordinator penghijauan, Simon P. Tauran dalam sambutannya menuturkan, inisiasi penghijaun yang digagas seluruh insan pers yang tergabung dalam Pers Maluku Tengah (Malteng) adalah salah satu wujud kepedulian pers dalam menjaga dan melestarikan alam.

“ Gagasan penghijaun yang kami rangkai dalam memperingati HPN tahun 2021 di Kota Masohi merupakan kontribusi pers untuk ikut menjaga kelestarian alam. Khusunya di Kota Masohi yang dipusatkan di jalan trans seram atau belakng pendopo Bupati Maluku Tengah, sebagai hutan penyangga yang patut dipelihara bersama, “ ingatnya.

Lebih lanjut Tauran mengapresiasi pemerintah Kabupaten Maluku Tengah serta mitra pers yang telah membantu terlaksananya agenda dimaksud. Lebih khusus bagi Batalyon Infanteri 731/Kabaresi yang telah mempertahankan pembibitan dan menyumbangkan 150 anakan pohon untuk ditanami.

“ Kami sangat mengapresiasi Yonif 731/Kabaresi yang menjadi satu-satunya Batalyon di Maluku yang melakukan pembibitan ratusan anakan pohon sebagai wujud mempertahankan sumber daya alam, dan ini pula atas kontribusi Batalyon 731/kabaresi, Kami diberikan 150 anakan pohon dari berbagai jenis untuk ditanami, Terima kasih Batalyon Infanteri 731/Kabaresi, “ ucap Tauran.

Advertisement

Gempa terkini di Indonesia

More in Kec. Kota Masohi