Connect with us

Kec. Kota Masohi

Wabup Malteng, Marlatu Leleury Membuka Kegiatan FP3D

Foto:Humas Malteng

Laporan:Ekspresi Maluku

MASOHI,EKSPRESIMALUKU.com – Wakil Bupati Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) Marlatu L Leleury membuka kegiatan Fasilitasi Penyusunan dan Pendayagunaan Profil Desa (FP3D)  secara Online.  Kegiatan yang digelar Dinas PMN-PPPA Malteng dipusatkan di lantai tiga Kantor Baplitbangda Malteng, Selasa, 20/40/2021.

Turut hadir dalam pembukaan Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Malteng, sementara hadir sebagai peserta, sekretaris negeri dan operator perwakilan beberapa negeri di Malteng.

“Saya mengapresiasi dan menyambut baik terlaksananya kegiatan ini, karena sangat penting guna meningkatkan komitmen dan kinerja aparatur Pemerintah Negeri dalam memberikan pelayanan publik dan merespon perubahan serta meningkatkan kualitas perencanaan pembangunan yang berorientasi pada potensi sumber daya negeri.” Hal ini disampaikan Wakil Bupati Malteng Marlatu L. Leleury dalam sambutannya.

Sebagaimana amanat dari Permendagri Nomor 12 Tahun 2007 tentang Pedoman Penyusunan dan Pendayagunaan Data Profil Desa dan Kelurahan.Penyelenggaraan penyusunan profil desa sangat penting diperlukan untuk menggambarkan karakter desa dan gambaran potensi serta tingkat perkembangan desa yang akurat, komprehensif dan integral.

“Selain itu pula, profil desa dipandang sangat penting dalam menunjang pelaksanaan kegiatan perencanaan  pembangunan, karena tentunya roh dari pembangunan yang ada di daerah ini bersumber dari profil desa yang juga merupakan hal yang paling substansi yang harus ada sebagai basis data dan sumber informasi  serta acuan dalam perencanaan pembangunan dan peluncuran berbagai program di daerah,” ujarnya.

Sejalan dengan itu kata Leleury, menyikapi tuntutan dan harapan masyarakat yang semakin keras disuarakan untuk mendapatkan pelayanan publik yang lebih baik lagi dari Pemerintah Negeri  seiring dengan perkembangan informasi teknologi dewasa ini, maka para Perangkat Negeri dituntut untuk mampu melakukan terobosan-terobosan yang inovatif dalam merumuskan berbagai program pembangunan dengan memanfaatkan data dasar keluarga, data potensi negeri serta tingkat perkembangan dan kemajuan negeri berbasis informasi teknologi (IT).

“Oleh karena itu, kegiatan ini harus dipahami oleh seluruh peserta secara bijak sebagai upaya untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan manajerial para aparatur Pemerintah Negeri khususnya Sekretaris Negeri sebagai penanggungjawab dokumen administrasi negeri dan para Operator Negeri, untuk lebih memahami dengan baik penyusunan profil negeri dengan menyediakan data primer dan informasi yang relavan serta komprehensif,” tandasnya. 

Advertisement

Gempa terkini di Indonesia

More in Kec. Kota Masohi