Connect with us

Ambon

Tujuh Desa di Ambon, Belum Laporkan Pertanggungjawaban DD

Laporan : Ekspresi
AMBON,EKSPRESIMALUKU.com –  Ketua Komisi I DPRD Kota Ambon Zeth Pormes Komisi I DPRD Kota Ambon, desak  tujuh desa/negeri di Kota Ambon segera masukan laporan pertanggungjawaban Dana Desa (DD), karena  jika  tidak memasukan laporan, dana tersebut terancam tidak dikucurkan.
“Kami dapat informasi  tujuh desa/negeri di Kota Ambon yang belum melaporkan (DD)nya ke pemerintah daerah, untuk itu kami himbau agar desa tersebut, mempercepat prosesnya sehingga tidak menghambat laporan yang lainnya,”Kata Pormes di Baileo Rakyat Belakang Soya Ambon,Selasa (28/02/2017)..

“Jika tidak dimasukan, maka jangan salahkan kalau DD tidak dikucurkan, karena batas telah ditetapkan yakni 31 Maret 2017,”Ujarnya.

Pormes menjelaskan, Komisi I akan melakukan pemanggilan terhadap mitranya sehingga bisa mengetahui secara pasti dan detail jumlah desa yang belum memasukan laporan tersebut.

“Komisi akan melakukan kunjungan lapangan untuk melihat langsung kondisi desa yang belum memasukan laporan itu. Jika kedapatan desa/negeri yang nakal terkait laporan itu, maka pihaknya akan langsung memproses hukum.

Dana tersebut harus dipakai sesuai dengan program yang di peruntuhkan,untuk itu raja dan pemerintah Negeri/ Desa harus transparan terkait dana tersebut hingga masyarakat juga tahu.

“Kita harapkan jangan ada desa yang main-main dengan laporan tersebut, jika dalam on the spot komisi kedapatan ada yang nakal maka kita akan memproses hukum,”Jelasnya.

Kita berharap kepada Negeri/Desa agar segera memenuhi persyaratan yakni Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMD),Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKPD), dan Anggaran Pembangunan Belanja Desa (APBDes) hingga pendapatkan Kucuran Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa.

Tujuh desa yang belum memasukan laporan penggunaan dana desa didominasi oleh sejumlah negeri yang ada di Kecamatan Leitimur Selatan diantaranya Hutumuri, Rutong, Leahari, Naku, Wayame, Latuhalat dan Nusaniwe . (ADN)

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement

Gempa terkini di Indonesia

More in Ambon