Connect with us

kec. Nusalaut

Tuasikal Resmi Penggunaan Baileo Negeri Akoon

Laporan:Ekspresi Maluku

NUSALAUT,EKSPRESIMALUKU.com – Bupati Maluku Tengah Tuasikal Abua, SH mengapresiasi pelaksanaan peresmian dan penggunaan Baileo “Peimahu Kutalo Tounussa Hatalepu” Negeri Akoon Kecamatan Nusa Laut Kabupaten Maluku Tengah. Selasa, 23/10/2018.

“ Baileo ini sebagai tempat pertemuan bagi tua-tua adat maupun masyarakat dalam melakukan pertemuan-pertemuan adat, sekaligus sebagai tempat bermusyawarah untuk mencapai mufakat “, Ungkap Tuasikal dalam sambutannya.

Menurutnya, Baileo bagi masyarakat di Maluku termasuk di Negeri Akoon, merupakan bagian dari upaya melestarikan pranata adat dan budaya sebagai identitas kultural yang diperlukan dalam membangun dan mensejahterakan masyarakat seperti di Negeri Akoon.

” Prosesi kultural peresmian Baileo Negeri Akoon sangat penting karena memiliki sejarah yang panjang bagi Negeri Tounussa Hatalepu. Melalui pelestariannya dapat mengingatkan kembali sejarah terbentuknya negeri adat, sekaligus mempertahankan kultur budaya sebagai pedoman kehidupan masyarakat yang beradab “, Urainya.

Baileo di negeri-negeri adat merupakan bukti eksistensi kemajuan dan kearifan peradaban masyarakat dan pemerintah lokal di bumi Pamahanunusa, termasuk di Maluku umumnya yang sudah berlangsung secara turun temurun ratusan tahun lalu. Sebagai tempat berkumpulnya, bermusyawarah serta pengambilan keputusan demi kepentingan pembangunan.

Turut hadir, Ketua PKK Kabuapten Maluku Tengah, Kepala Kejaksaan Negeri Maluku Tengah, Raja dan masyarakat Negeri Tanahnahu, pimpinan OPD lingkup Pemda Malteng, Kepala Wilayah Kecamatan Nusa Laut, maupun masyarakat Negeri Akoon serta sesepuh Negeri Akoon.

Sumber:MC/Malteng

Advertisement

Gempa terkini di Indonesia

More in kec. Nusalaut