Connect with us

Kec. Kota Masohi

Tuasikal: Gaungkan Germas Hingga Pelosok Desa

Foto:Humas Malteng

Laporan:Ekspresi Maluku

MASOHI,EKSPRESIMALUKU.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maluku Tengah melalui Dinas Kesehatan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Maluku menggelar pertemuan Forum Koordinasi Pelaksanaan Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat), di Masohi Rabu, 19/09/2018.

Bupati Maluku Tengah H. Tuasikal Abua, SH dalam sambutannya mengatakan Germas menjadi sebuah pilihan dalam mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang lebih baik.

“ Gerakan ini perlu digaungkan hingga kepelosok wilayah Kabupaten Maluku Tengah. Pentingnya Forum Komunikasi Germas ini diharapkan dapat membantu pemerintah daerah setempat dalam melaksanakan Instruksi Presiden Nomor 1 tahun 2017,yang merupakan bagian sangat krusial “, Tutur Tuasikal.

Dirinya menegaskan, optimalisasi pokja Germas harus dilakukan dengan komitmen yang kuat. Tidak hanya sekedar melakukan pembentukan tanpa kejelasan tugas dan fungsinya.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Maluku, Meikyal Pontoh menjelaskan, pembentukan Forum Germas bertujuan untuk mensinergikan tanggung jawab antarseluruh stakeholder yang ada di daerah ini.

“ Germas bertujuan sebagai sosialisai menurunkan beban penyakit menular dan penyakit tidak menular, baik kematian maupun kecacatan. Selain itu, menghindarkan terjadinya penurunan produktivitas penduduk “, Terang Pontoh.

Advertisement

Gempa terkini di Indonesia

More in Kec. Kota Masohi