Connect with us

Malteng

Tuasikal Buka Musrenbang RKPD 2022 Di Kecamatan Leihitu Barat

Foto:Humas Malteng

Laporan:Ekspresi Maluku

LEIBAR,EKSPRESIMALUKU.com – Musyawarah Perencanaan Pembangunan atau Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Maluku Tengah Tahun 2022 di Kecamatan Leihitu Barat saat ini, guna memenuhi  salah satu tugas dan tanggung jawab bersama dalam penyelenggaraan pemerintahan di bidang Perencanaan Pembangunan Daerah.

Penegasan tersebut disampaikan Bupati Maluku Tengah pada acara  Musrenbang RKPD Kabupaten Maluku Tengah tahun 2022 yang berlangsung di Kantor Kecamatan Leihitu Barat, Dusun Tapi, Kabupaten Maluku Tengah, Kamis, 11/02/2021.

“ Saya menyambut baik dan mengapresiasi terlaksananya forum ini karena sangat penting bagi terjaminnya pelaksanaan perencanaan dari bawah atau Bottom Up serta melibatkan seluruh pemangku kepentingan untuk berpartisipasi melakukan penajaman, penyelarasan, dan klarifikasi terhadap usulan program dan kegiatan dari masyarakat dengan rencana kerja dari masing-masing perangkat daerah, “ ungkap Tuasikal dalam sambutannya.

Sehingga hasilnya, Lanjut Tuasikal, dapat dipakai sebagai landasan dalam melaksanakan pembangunan daerah guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Maluku Tengah.

“ Sesuai dengan tema pelaksanaan Musrenbang yang diangkat yaitu, “ Peningkatan Kualitas SDM, Investasi Infrastruktur Melalui Pengembangan Inovasi “.  Diharapkan akan berkembang dalam menjalankan pembangunan di Kabupaten Maluku Tengah, “ ujarnya.

Dijelaskan, forum Musrenbang Kabupaten di Kecamatan Leihitu Barat pastinya merupakan lanjutan dari Musrenbang pada negeri-negeri yang telah dilaksanakan sebelumnya dan diselaraskan sesuai dengan usulan dengan mempedomani sistim wajib dilaksanakan dalam perencanaan pembangunan.

Selain itu dikatakan, RKPD Tahun 2022 yang nantinya disusun merupakan pelaksanaan tahun terakhir dalam periode pelaksanaan RPJMD Kabupaten Maluku Tengah tahun 2017-2022. Olehnya dalam musyawarah harus mengacu kepada RPJMD dengan tetap melihat kesinambungan berbagai program dan kegiatan yang diusulkan dari bawah, memperhatikan kondisi dan kemampuan daerah dan tetap mengacu pada prioritas pembangunan daerah.

“ Dengan demikian Visi, Misi, dan Program terobosan yang telah tertuang dalam RPJMD Kabupaten Maluku Tengah Tahun 2017-2022, harus tetap diterjemahkan kedalam program pembangunan berdasarkan tugas dan fungsi Perangkat Daerah maupun Kecamatan sesuai kewenangan masing-masing demi mewujudkan Maluku Tengah yang lebih maju, sejahtera dan berkeadilan dalam semangat hidup Orang Basudara, “ jelas Tuasikal.

Advertisement

Gempa terkini di Indonesia

More in Malteng