Connect with us

Kec. Teon Nila Serua

Tuasikal Abua: RKPD Jadi Landasan Penting Pembangunan Berkelanjutan

Foto:Humas Malteng

Laporan:Ekspresi Maluku

TNS,EKSPRESIMALUKU.com – Bupati Maluku Tengah, H. Tuasikal Abua, SH membuka dengan resmi musyawarah Perencanaan Pembangunan RKPD Kabupaten Maluku Tengah Tahun 2022 di Kecamatan Teon Nila Serau (TNS). Kegiatan tersebut berjalan lancar, tertib dan sukses.

Turut hadir dalam Musrenbang RKPD tersebut, Ketua TP-PKK, para Pimpinan OPD lingkup Pemda Kabupaten Maluku Tengah, Forkopimcam, Kepala Sekolah serta ASN se-Kecamatan TNS.

“ Atas nama Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah, Saya memberikan apresiasi atas terselengaranya kegiatan ini karena sangat penting dalam rangka mengakomodir kepentingan masyarakat untuk menghasilkan rencana program dan kegiatan pembangunan yang lebih aspiratif, transparan dan akuntabel, “ ungkap Tuasikal dalam sambutannya. Selasa, 09/02/2021.

Dikatakan, Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2014 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, telah mengamanatkan bahwa perencanaan pembangunan daerah adalah satu kesatuan dalam sistem perencanaan nasional dengan tujuan untuk menjamin adanya keterkaitan dan konsistensi antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, pengendalian, dan evaluasi.

Olehnya itu, Musrenbang RKPD di Tingkat Kecamatan adalah forum musyawarah lanjutan antara Pemerintah Kecamatan dan Negeri bahkan stakeholders  dan pemangku kepentingan terkait untuk menyamakan persepsi bersama.

“ Melalui Perencanaan pembangunan ini nantinya yang akan dituangkan dalam berbagai program prioritas Pembangunan Daerah dan diintegrasikan dengan prioritas pembangunan daerah demi terwujudnya Visi Misi Bupati Maluku Tengah dan Wakil Bupati Maluku Tengah Tahun 2017-2022, yakni “Mewujudkan Maluku Tengah Yang Lebih Maju, Sejahtera Dan Berkeadilan Dalam Semangat Hidup Orang Basudara”, jelasnya.

Tuasikal menambahkan, kondisi yang terjadi saat ini perlu menjadi perhatian bersama. Khususnya dalam menyikapi kondisi negara menghadapi pandemi Covid-19. Meski demikian, terdapat beberapa isu strategis dan permasalahan yang dapat dijadikan dasar dalam penentuan program dan kegiatan yang telah dituangkan dalam tema sentral Musrenbang RKPD Tahun 2022 yaitu,  “ Peningkatan Kualitas SDM dan Investasi Infrastruktur Melalui Pengembangan Inovasi “.

“ Saya berharap agar forum ini senantiasa menjadi landasan yang penting dan strategis bagi terbentuknya persamaan presepsi dan betul-betul terjadi dialog yang interaktif dan dialogis. Sehingga dirumuskan perencanaan pembangunan yang baik dengan berpedoman pada aturan perundang-undangan yang berlaku, transparan dan akuntabel, yang akan menjadi bagian dari RKPD Tahun 2022 Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah, “ pesan Tuasikal.

Melalui kesempatan itu, Bupati Maluku Tengah, Tuasikal Abua juga mengajak untuk bersama pemerintah mencegah penyebaran Covid-19 yang hingga saat ini masih melanda dunia termasuk Indonesia, khususnya di Kabupaten Maluku Tengah.

“ Melalui forum ini, tidak henti-hentinya Saya menghimbau kepada seluruh masyarakat Maluku Tengah agar senantiasa menjaga kedisiplinan dalam mencegah penyebaran Covid-19 dengan menerapkan 3M yakni, Mencuci tangan, Menggunakan masker serta Menjaga jarak atau menghindari kerumunan. Selain itu, imunitas dan kesehatan tubuh perlu dijaga agar tidak mudah terserang penyakit, khususnya Covid-19, “ harapnya.

Advertisement

Gempa terkini di Indonesia

More in Kec. Teon Nila Serua