Connect with us

Ambon

Tim Futsal IAIN Ambon Takluk Dari Sulteng, IAIN Banten Juara Umum PIONIR 2015

PALU, EKSPRESIMALUKU.com – Target juara tim Futsal IAIN Ambon pada Pekan Olahraga Ilmiah Riset dan Seni (PIONIR) VII di Kota Palu, Sulawesi Tengah meleset. IAIN Ambon takluk oleh tuan rumah Sulawesi Tengah dengan skor 5-4.
“Kita target medali emas. Namun setelah melihat kondisi lapangan yang tidak memenuhi standar, kita mulai pesimis. Lapangannya sangat kecil persis gawang mini di Ambon,” tutur M. Hanafi Holle, manager tim IAIN Ambon, saat dihubungi EKSPRESIMALUKU.com via selular, Selasa (26/5/2015)..
Kondisi lapangan, lanjut Holle, bukan saja dikeluhkan dan diprotes tim IAIN Ambon, nyaris semua tim. “Yang kami heran, kok tim wislife atau penilai tidak memperhatikan lapangan futsal yang dijadikan sebagai lokasi tanding,” kata manager IAIN Ternate, Assegaf.
Hal yang sama disampaikan sejumlah pemain UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
“Lapangannya membuat kami tidak bisa main enak. Siapa yang shotingnya keras dan terarah ya, timnya bakalan menang. Sangat tidak memenuhi standar,” ujar Haviz, kapten tim UIN Jakarta.
Medali emas cabang Futsal akhirnya jatuh ke tangan IAIN Ciribon setelah dalam partai Final berhasil menang adu pinalti 8-7 atas UIN Sunan Ampel Surabaya. Sementara medali perunggu diraih UIN Jakarta setelah menundukkan IAIN Bengkulu 8-3.
Keluar sebagai juara umum pada PIONIR VII yakni IAIN Banten setelah meraih 9 medali emas. “Nyaris para cabang catur yang melombakan enam kategori putra putri, semua disapu bersih IAIN Banten,” ungkap Hanafi.
Dari mata lomba lainnya, kontingen IAIN Ambon juga tak meraih medali. “Untuk cabang debat bahasa inggris, kita hanya menempati posisi empat. Cabang HIfzil 5 juz juga menempati posisi ke lima. Sedangkan cabang makalah ilmiah Al’Quran, raih posisi empat,” Urai Hanafi.
Kondisi ini, kata Hanafi harus sebagai bahan intropeksi lembaga untuk menyiapkan atlit yang lebih baik ke depan.
“Mestinya usai seleksi atlit, harus dilakukan pemusatan latihan secara intens dan itu harus dianggarkan, sehingga para atlit benar-benar terlatih dan terdidik secara optimal,” Tandas  Hanafi yang juga ketua Jurusan Ekonomi Syariah IAIN Ambon ini.

Advertisement

Gempa terkini di Indonesia

More in Ambon