Connect with us

Ambon

Tanah Bergerak, Empat Gedung IAIN Ambon Rusak

Foto: Google

Laporan:Ekspresi Maluku

AMBON,EKSPRESIMALUKU.com – Akibat tanah bergerak, tiga gedung Institut Agama Islam Negeri (IAIN), Desa Batu Merah, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon rusak berat. Hingga kini, dinding gedung terus alami keretakan dan nyaris roboh.

Peristiwa tersebut disebabkan terjadinya curah hujan tinggi sejak akhir bulan Mei hingga awal bulan Juni 2019. Sehingga adanya longsoran tanah yang terjadi disekitar tiga gedung tersebut yang kemudian berpengaruh terhadap struktur tanah pada empat gedung tersebut. Yakni, Gedung Pusat Perpustakaan, Auditorium, Laboratorium MIPA dan Gedung Matematika.

” Saat ini pihak kampus IAIN Ambon berupaya akan lakukan perbaikan dan bisa juga dirobohkan karena kondisi bangunan khsusnya Gedung Perpuatakaan yang paling parah kerusakannya. Terkait seluruh isi dari ketiga bagunan telah dievakuasi ke tempat aman “, Terang Kabag Humas IAIN Ambon, Amiruddin. Kamis, 06/06/2019.

Dikatakan, keretakan gedung sudah mulai terlihat sejak Senin, 03/06/2019. Namun hingga Kamis, 06/06/2019, keretakan makin membesar akibat dari hujan yang masih melanda wilayah Kota Ambon dan sekitarnya, memicu tanah terus bergerak.

Untuk menghambat pergerakan tanah yang dapat terjadi sewaktu-waktu,Dinas Pekerjaan Umum (PU) dan BPBD Provinsi Maluku telah mengambil langkah dengan menutup lokasi tebing longsoran menggunakan terpal untuk mencegah pembentukan retakan tanah yang sewaktu-waktu dapat kembali terjadi. (*/int).

Advertisement

Gempa terkini di Indonesia

More in Ambon