Connect with us

SBB

Saluran Draenase Jadi Program Negeri Luhutuban Di Tahun 2021

Lokasi sekitar rumah warga yang belum dibangun draenase di Desa Luhutuban, Kepulauan Manipa. | Foto: Memet

Laporan:Memet

MANIPA,EKSPRESIMALUKU.com – Draenase, atau selokan pembuangan saluran limbah air menjadi program unggulan Pemerintah Negeri Luhutuban, Kecamatan Kepulauan Manipa, Kabupaten Seram Bagian Barat ditahun anggaran 2021.

Hal itu disampaikan Penjabat Negeri Luhutuban, Umar Wael, yang ditemui dikanter Desa.  Jumat, 08/01/2021.

Kepada Ekspresi Maluku, Wael mengatakan,  draenase sengaja dijadikan sebagai program kerja Desa unggulan di tahun ini,  mengingat banyak warga yang sudah menggunakan kamar mandi pribadi serta masih menggunakan saluran tradisional yang tidak efekti. Akibatnya berdampak pada rumah warga lainnya.

“ Draenase itunantinya menjadi program kerja lanjutan di tahun 2021 dan sudah terprogram pada tahun 2020 lalu. Ini sempat terhambat dikarenakan penyebaran wabah Covid-19 yang hingga kini belum teratasi, “ jelas Wael.

Dikatakan, draenase selain bertujuan untuk mengaliri air dari sisa pembuangan rumah warga, juga menghindar timbulnya penyakit. Sehingga kedepannya dapat meciptakan lingkungan yang bersih dan sehat.

Direncanakan, draenase yang akan dibangun tersebut sepanjang 100 M,  dan langsung menyatu dengan air mengalir yang ada Negeri itu.

 “ Selain pembangunan draenase dengan panjang 100 Meter, nantinya akan dibangun jalan rabat beton di Dusun Sela. Untuk saat ini pihaknya juga terfokus pada bantuan BLT yang terprogram selama dua belas bulan dalam setahun, “ lanjut Wael.

Dirinya berharap, agar apa yang sudah diprogramkan pada Musrembang yang berlansung sepekan lalu tidak terkendala. Sehingga apa yang menjadi tugas dan kebutuhan masyarakat bisa terjawab sebagaimana mestinya.

Advertisement

Gempa terkini di Indonesia

More in SBB