Connect with us

Ragam

Rektor Ingatkan Pegang Teguh Sumpah Janji, FK Unpatti Gelar Pelantikan 26 Dokter Secara Online

Ambon, Ekspresimaluku.com.- Untuk pertama kalinya dalam sejarah Pellantikan Dokter di Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura (UNPATI) Ambon dilakukan secara online. Sebanyak 26 Dokter baru dilantik secara resmi oleh Dekan Fakultas Kedokteran Unpati, DR. dr. Bertha Jean Que, Sp.s. M.kes, Rabu 29 April 2020.
Melalui aplikasi zoom, ke 26 dokter baru terhubung langsung dari rumah masing masing dengan Rektor Unpatti, Prof. DR. M.J. Saptenno di kediaman maupun Dekan Fakkultas Kedokteran Unpatti, para undangan dari unsur IDI Ambon, Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon/Provinsi bahkan wartawan yang meliput kegiatan pun melalui jalur online.
Pada kesempatan itu, Rektor Unpati, Prof. DR. M.J. Saptenno dalam sambutannya mengatakan, ke 26 Dokter yang baru dilantik ini walaupun di tengah tengah kondisi mewabahnya Covid 19 tidak berkecil hati walaupun proses pelantikan tidak dilakukan sebagaimana mestinya.
Kendati demikian, Saptenno mengingatkan agar kedepan dalam melaksanakan tugas dan panggilan profesi di tengah masyarakat, para Dokter hendaknya jangan melupakan sumpah dan janji Dokter yang telah diikrarkan.
“Sumpah dan janji kedokteran yang saudara saudara ikrarkan hendaknya dipegang teguh dalam melaksanakan panggilan profesi di tengah tengah masyarakat. Sumpah dan janji itu bukan kepada manusia tetapi Tuhan Yang Maha Esa mendengarkan sumpah saudara saudara sekalian.
Untuk itu, jangan sampai sumpah dan janji itu diabaikan dalam tugas profesi kedepan sebab saudara saudara akan mempertanggung jawabkannya dengan Tuhan,” kata Rektor mengingatkan.
Rektor juga berpesan, jika nanti kedepan para Dokter yang baru dilantik ini terpanggil oleh negara dalam menjalankan tugas profesi yang mulia ini harus patuh dan bersedia ditempatkan dimana saja, bahkan di daerah yang paling terpencil sekalipun.
“Karena dengan begitu, saudara saudara tidak hanya turut serta mesukseskan pembangunan kesehatan di negara ini tetapi nama almamater Unpati juga turut diharumkan dalam pengabdian saudara saudara,” jelas Saptenno.
Mengakhiri sambutannya, Rektor Unpatti tak lupa menitipkan para Dokter lulusan Fakultas Kedokteran Unpati ini kepada organosasi Ikatan Dokter Indonesia Ambon dan Maluku.
Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Dekan Fakultas Kedokteran Unpati dari kediamannya secara online juga menyampaikan sambutannya.
Dirinya terlebih dahulu menyampaikan permohonan maaf kepada ke 26 Dokter baru bersama orang tua, karena proses pelantikan ini tidak dilakukan sebagaimana mestinya.
“Sebelumnya saya minta maaf kepada para Dokter yang baru bersama orang tua karena proses pelantikan ini tidak dilaksanakan seperti biasa melainkan harus dilakukan dari jarak jauh.
Akibat pandemi Corona yang saat ini melanda dunia bahkan kota ambon membuat kita harus ada dalam suasana pelantikan seperti ini. Dan untuk pertama kalinya proses pelantikan Dokter baru Fakultas Kedokteran Unpati dilakukan dengan cara bertatap muka dari jarak jauh. Sungguh situasi yang sangat menyedihkan,” ungkap Jean dengan nada haru sambil meneteskan air mata.
Dirinya mangatakan, kondisi yang terjadi saat ini merupakan sebuah tantangan yang sudah menunggu para Dokter yang baru dilantik. Karena saat dilantik, posisi para Dokter saat ini adalah sebagai ujung tombak dan barisan paling depan dalam penanganan wabah virus Corona.
“Jadikan situasi dan kondisi ini sebagai sebuah tantangan awal dalam panggilan tugas saudara saudara kedepan. Semoga keterpanggilan dalam tugas saudara saudara kedepan selalu dilakukan dengan penuh suka cita dan berpegang teguh pada sumpah dan janji kedokteran.
Harumkanlah profesi yang mulia ini dalam panggilan tugas kedepan. Jangan mengeluh dan ragu serta jaga selalu nama besar almamater saudara saudara. Semoga Tuhan melindungi kita semua,” ucap Dekan menutup sambutannya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gempa terkini di Indonesia

More in Ragam