Connect with us

Ambon

Pustu Passo Dibangun Guna Dekatkan Pelayanan Kesehatan Dasar

AMBON,EKSPRESIMALUKU.com-Kepala Dinas Kesehatan (dinkes) Kota Ambon Tresjee Torry  di Balai Kota Ambon, Jumat (18/11/2016) menyampaikan bahwa sebagai upaya peningkatan pelayanan kesehatan masyarakat di Kota Ambon,  puskesmas pembantu (Pustu) di Negeri Passo, Kecamatan Baguala, saat ini sementara dibangun

Menurut dia, pembangunan pustu untuk mendekatkan pelayanan kesehatan dasar kepada masyarakat sebagai sarana kesehatan sesuai peraturan Kementerian Kesehatan Repuiblik Indonesia, bahwa setiap kampung minimal memiliki satu tenaga perawat dan satu bidan, Sehingga semua fasilitasnya harus disiapkan.

“Negeri Passo memiliki banyak masyarakat sehingga, pembangunan Pustu di Negeri Passo dirasakan baik, karena kita ingin mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat disana,” Katanya.

Dia mengatakan, selama ini negeri Passo telah memiliki satu unit pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) yang telah disediakan untuk membantu pelayanan kesehatan, namun pihaknya melakukan penambahan 1 unit pustu. “Dengan adanya fasilitas pustu diharapkan, semua petugas kesehatan di lapangan dapat memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat. Meskipun sarana dan prasarana yang ada belum sempurna tetapi bisa memberikan pelayanan dengan baik sambil menunggu kelengkapan fasilitas yang dilakukan secara bertahap,”

Dia mengakui, pihaknya akan menempatkan satu orang perawat dan satu orang bidan pada Pustu Negeri Passo, apabila ada masyarakat yang tidak dapat ditangani akan dirujuk ke Puskesmas atau rumah sakit terdekat. “Kita sediakan satu orang perawat dan bidang untuk membantu masyarakat setempat yang membutuhkan bantuan kesehatan,” ungkapnya.

Selain pembangunan Pustu, Pihak (Dinkes) Kota Ambon juga, sementara melakukan rehabilitas Puskesmas Urimessing , Puskesmas, Tawiri, Puskesmas Hative Kecil dan Puskesmas Karang Panjang.

“Keempat Puskesmas yang direhab ada yang ringan, sedang dan berat sesuai dengan tingkat kerusakan yang dimiliki masing-masing Puskesmas,”terangnya.

Dipastikan, pada bulan Desember mendatang, semua Puskesmas yang sementara di rehab akan selesai ujarnya. (EM-ADN )

Advertisement

Gempa terkini di Indonesia

More in Ambon