Connect with us

Ambon

Puskesmas Arbes Terapkan Program Penyuluhan

AMBON,ESKPRESIMALUKU.com– Pusat Kesehatan Masyarakat (PUSKESMAS) Air Besar (Arbes) Desa Batu Merah, Kecamatan Sirimau Kota Ambon, menerapkan program penyuluhan. Program  berlangsung setiap tahun ini, diterapkan kepada Masyarakat melalui lembaga pendidikan yakni sekolah-sekolah dan Posyandu yang sudah ada di kota Ambon.

Kepala Pimpinan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Air Besar (Arbes), Desa Batu Mera Kecamatan Sirimau Kota Ambon, Tarmini, AM.KL saat di temui ekspresimaluku.com Jum’at (13/1/2017) di ruang kerjanya mengatakan bahwa setiap tahun kami melakukan program penyuluhan untuk mengatasi berbagai macam penyakit yang berpusat bukan hanya dalam ruangan puskesmas tetapi juga di terapkan ke sekolah-sekolah yang ada di kota Ambon.

“Kita layani Usaha Kesehatan Masyarakt (UKM) dan Usaha Kesehatan Perorangan (UKP) yang di laksanakan di dalam geduang untuk melakukan pengobatan penyakit-penyakit umum dan juga penyakit yang tidak umum seperti penyakit gigi dan mulut”, Ungkap Tarmini.

Bertujuan meningkatkan Berperilaku Hidup Sehat (BPHS) terhadap masyarakat secara universal, salah satunya  yang menjadi lingkungan binaan mereka  adalah kawasan  ARBES dengan  6 RT dan 32 RW .

Lanjut dia, kami akan berikan rujukan kepada pasien jika penyakit yang diderita pasien tersebut melebihi standar operasional pelayanan dasar dari seratus empat belas (114) penyakit yang menjadi standar oprasional pelayanan dasar.

 Pihak Puskesmas telah menyediakan laboratorium untuk pemeriksaan, perlengkapan kesehatan ibu dan anak, berfungsi terhadap ibu-ibu yang sedang hamil dan anak bayi serta perlengkapan lainnya.

“Diurut yaitu urutan 10 penyakit terbanyak, diantaranya Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA). Penyakit tersebut di sebabkan karena faktor lingkungan yang sudah menjadi kebiasaan hidup dalam kesehariannya sehingga menyebabkan sesak nafas terhadap saluran pernapasan”. Tutur Tarmini .

Jika ada masyarakat yang sudah mengalami penyakit tersebut maka segeralah mengakses atau mendatangi pelayanan kesehatan untuk dapat di tangani dengan baik, lebih khususnya ke masyarakat awam.  “Biasanya ada juga masyarakat  yang sudah mengalami penyakit tersebut namun mereka cuek saja terhadap penyakit yang dideritanya, sehingga dapat mengganggu kesehatannya lebih berbahaya dari sebelumnya,”. Jelasnya (EM-Dewa)

Advertisement

Gempa terkini di Indonesia

More in Ambon