Connect with us

Kec. Kota Masohi

Peringati World Cleanup Day, Bupati Tuasikal Abua Ajak Warga Jaga Kebersihan Lingkungan

Bupati Maluku Tengah, Tuasikal Abua, SH saat membantu petugas kebersihan mengangkat sampah dari salah satu kali di Kota Masohi, Maluku Tengah. Sabtu, 19/09/2020 | Foto: Humas Malteng

Laporan:Ekspresi Maluku

MASOHI,EKSPRESIMALUKU.com – Bupati Maluku Tengah, Tuasikal Abua rela basah dan berbaur dengan air kali yang kotor untuk mengangkat sampah dan rerumputan yang menggenangi sepanjang kali Udang, Kota Masohi Maluku Tengah.Hal itu dilakukan untuk peringati hari bersih dunia yang jatuh pada hari ini, Sabtu, 19/09/2020.

Pembersihan kali Udang dari sampah bukan baru pertama kali dilakukan Bupati Maluku Tengah dua periode itu.Beberapa waktu sebelumnya, Tuasikal bersama komunitas Kali Bersih sering nyebur ke kali untuk melakukan hal yang sama.

Meski selalu diingatkan Pemerintah agar warga tidak sembarang buang sampah ke kali namun, hal itu tidak diindahkan. Ketidak sadaran warga pinggiran kali yang membuang sampah ke kali memantik sikap Bupati Maluku Tengah, Tuasikal Abua untuk kembali turun ke kali mengangkut sampah.

Hal itu untuk memotivasi warga sekitar untuk tetap cinta kebersihan terutama kali bersih yang dialiri Air, dengan cara tidak membuang sampah ke kali.

“ Saya kira kita punya tanggung jawab yang sama untuk mencitai lingkungan yang bersih. Kita berusaha terus untuk memastikan kebersihan lingkungan dan juga kali namun ini perlu dan selalu didukung warga sekitar. Agar lingkungan ini benar benar bersih “, Ungkap Tuasikal.

Bersamaan dengan Hari Pembersihan Dunia atau yang lebih dikenal dengan World Cleanup Day yang jatuh pada 19 September 2020, Tuasikal kembali menggerakan memory warga untuk tetap mencintai likungan bersih agar nyaman dan tercegah dari berbagai penyakit.

“ Kita harus punya rasa cinta terhadap kebersihan. Kalau ini tidak kita lakukan maka, berbagai serangan penyakit akan menghampiri kita. Apalagi tantangan yang kita hadapi saat ini cukup berat yakni Covid-19. Mari cinta lingkungan bersih, tidak buang sampah sembarangan dan tetap jaga pola hidup bersih, selalu pakai masker, cuci tangan dan selalu jaga jarak “, Ingat Tuasikal.

Gempa terkini di Indonesia

More in Kec. Kota Masohi