Connect with us

Ambon

HUT TNI ke-71 Kodam XVI Pattimura Musnahkan 333 Senjata

AMBON,EKSPRESIMALUKU.COM-Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) TNI ke-71 di Provinsi Maluku  dipusatkan di lapangan Merdeka, jalan Pattimura Kecamatan Sirimau, Ambon diwarnai  kegiatan pemusnahan 333 pucuk senjata api, Rabu (5/10/2015).

Pemusanhan ratusan senjata api berbagai jenis senjata rakitan 211 pucuk terdiri dari senjata laras panjang  128 pucuk dan senjata laras pendek sebanyak 28 pucuk. Sedangkan senjata standar  77 pucuk terdiri dari laras panjang sebanyak 39 pucuk dan laras pendek  38 pucuk.

Pemusnahan ratusan senjata api ini dilakukan dengan menggunakan lima alat pemotong besi (gerinda) dipimpin Pangdam XVI Pattimura, Mayjen Doni Monardo, Kapolda Maluku, Gubernur Maluku Said Assagaff , Lantamal IX Ambon serta Danlanud  disaksikan oleh seluruh pejabat di Maluku.

Kepada wartawan usai pemusnahan itu, Gubernur Said Assagaff mengatakan ratusan senjata itu kebanyakan adalah sisa konflik kemanusiaan tahun 1999 silam. Selebihnya, dan ini hasil sitaan selama 9 bulan dan ada masyarakat diberbagai daerah di Maluku secara langsug menyerahkan dengan ikhlas senjata tersebut dan bila di bandingkan dengan tahun lalu hasil sitaan senjata selama 5 tahun  berjumlah 400 lebih.
“Dengan demikian ini pertanda masyarakat telah mempercayai aparat keamanan  menjaga kestabilan keamanan di Provinsi Maluku dan mereka yakin tidak ada masaalah lagi di kemudian hari”,Ungkapnya (EM-ADN)

Advertisement

Gempa terkini di Indonesia

More in Ambon