Connect with us

Ambon

Pemkot Ambon Siap Bayar Hutang

AMBON,EKSPRESIMALUKU.com-Koordinasi Badan Anggaran (Banggar) bersama Tim Penyerasi Anggaran Daerah (TPAD) Kota Ambon yang dihadiri Sekretaris Kota A G Latuheru menjelaskan pemerintah kota telah siap melakukan pembayaran atas hutang kepada pihak ketiga. Hal ini disampaikan  Ketua DPRD Kota Ambon, James Maatita kepada wartawan di Baileo Rakyat Belakang Soya, Selasa (24/1/2017).
Maatita mengatakan pembayarannya telah dilakukan dan berakhir di minggu ini.

“Hasil koordinasi bersama TPAD Kota Ambon yang dihadiri Sekkot menjelaskan, pemkot siap mengucurkan anggaran untuk melunasi hutang pihak ketiga tahun 2016,”Ujar Maatita.

Dia menjelaskan, masing-masing satuan kerja perangkat daerah harus sesegera mungkin memasukan dokumen permintaan kepada bagian anggaran pemerintah kota sehingga dana tersebut bisa dicairkan segera, demi melunasi hutang pihak ketiga itu.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kota Ambon Rustam Latupono menuturkan SKPD harus segera memasukan dokumen pembayaran di tahun 2017. “Perlu dibuat administrasi baru disertai perjanjian yang telah dibubuhi tanda tangan pimpinan SKPD terkait yang membuktikan bahwa pekerjaan tersebut telah selesai 100 persen,”Ungkap  Latupono. Ia membeberkan, konsekuensi yang harus diterima akibat adanya pembayaran guna pelunasan hutang pihak ketiga yakni, sebagian program SKPD yang dianggap tidak terlalu penting akan dirasionalisasikan.

“Itu berarti ada konsekuensi rasionalisasi program yang telah termuat dalam APBD akibat pelunasan hutang pihak ketiga. Jadi kita akan kembali rapat guna melihat program secara keseluruhan untuk dirasionalisasikan. Jika ada yang dirasa bisa dipending maka kita akan memberikan tanda bintang,”Ungkapnya ( EM-ADN)

Advertisement

Gempa terkini di Indonesia

More in Ambon