Connect with us

Kec. Kota Masohi

Pemkab Maluku Tengah Canangkan Vaksinasi Covid-19

Bupati Maluku Tengah, Tuasikal Abua (kemeja putih) saat memberikan keterangan kepada awak media. Rabu, 27/01/2021 | Foto:EM

Laporan:Ekspresi Maluku

MASOHI,EKSPRESIMALUKU,com- Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) resmi mencanangkan vaksinasi COVID-19, Rabu, 27/01/2021. 

Penyuntikan perdana vaksin itu berlangsung di RSUD Masohi, mulai pukul 09.10 Wit. Diawali dengan laporan Kadis Kesehatan Malteng, dokter Jeni Adijaya dan arahan singkat Bupati Malteng, Tuasikal Abua sekaligus membuka pencanangan vaksinasi Covid-19. 

Bupati mengatakan momentum vaksinasi sangat penting untuk melindungi kekuatan tubuh secara menyeluruh  dari COVID-19 dan berdampak terhadap ekonomi, sosial, masyarakat. 

“Pak Presiden, Pejabat Kementrian dan kepala Daerah telah disuntik beberapa waktu lalu, Ini menunjukan vaksin aman. Dan juga dari BPOM dan MUI telah mengeluarkan jaminan keamanan kesehatan dan kehalalan vaksin,” ujar Bupati.

Pencanangan tersebut juga dihadiri Wakil Bupati Malteng, Marlatu Leleury dan sejumlah anggota Forkopimda. Diantaranya, Kajari Malteng, Juli Isnur, Kapolres Malteng, AKBP Rositah Umasugi, Ketua Pengadilan Negeri Masohi Agus Hardianto dan sejumlah pimpinan OPD. 

Meski menghadiri langsung pencanangan tersebut, Tuasikal Abua dan Marlatu Leleury serta beberapa anggota Forkopimda dan pimpinan OPD lainnya belum bisa divaksin karena hasil screening belum penuhi suarat. Seperti syarat umur dan tekanan darah serta riwayat penyakit tertentu. 

Sementara itu dalam vaksinasi perdana tersebut, Wartawan yang bekerja pada Media Tahuri dan terdaftar sebagai anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Malteng, Arafudin Kaplale, merupakan orang pertama yang menerima suntikan vaksin perdana yang berlangsung di RSUD Masohi. 

Nantinya, penerima vaksin perdana itu akan mengikuti suntikan kedua setelah empat belas hari. Sampai dengan berita ini naik, tercatat sudah 9 orang telah disuntik vaksin merk Sinovac tersebut. Sementara kelompok target vaksin di Malteng berjumlah 2195. Seperti tenaga kesehatan dan pejabat publik. (*)

Advertisement

Gempa terkini di Indonesia

More in Kec. Kota Masohi