Connect with us

Ambon

Pelaku Usaha mikro dan usaha kecil Maluku Diwajibkan Miliki IUMK

AMBON,EKSPESIMALUKU.com-Semua pelaku usaha di Indonesia diwajibkan untuk memiliki ijin usaha, bentuk ijin itu akan diberikan dalam bentuk sebuah kartu debet, sehingga sangat mudah digunakan oleh pelaku usaha dalam hal peminjaman modal usaha. Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Maluku, Syarief Bakri Asyatri kepada wartawan di Kantor Gubernur Maluku, Senin (16/11/2015) .

“Saat ini semua pelaku usaha yang ada di Indonesia sudah diwajibkan untuk memiliki izin usaha bagi usaha mikro dan usaha kecil (IUMK) , sehingga kami dorong agar mereka semua memilikinya,” .

Asyatri mengungkapkan bahwa, pihaknya memiliki keinginan agar semua pelaku usaha yang ada di seluruh Kab/Kota di Maluku harus memiliki IUMK, sehingga dapat memudahkan mereka sendiri, kita di dinas hanya memberikan dorongan kepada seluruh pelaku usaha agar dapat mengurus dan memilikinya.

Ditetapkannya Peraturan Presiden No 98/2014 tentang Perizinan untuk Usaha Mikro dan Kecil, Peraturan tersebut menjadi pedoman bagi pemerintah untuk memberikan izin usaha bagi usaha mikro dan usaha kecil (IUMK) bagi pelaku usaha mikro kecil (PUMK) untukitu diharapkan agar pemerintah kabupaten /kota wajib menerapkannya dengan membuat peraturannya sehingga pelaksanaan secara resmi akan dibuat.

“Untuk Maluku sendiri hanya Kota Ambon yang sudah menindaklanjuti itu, pihaknya berharap agar semua kabupaten dapat menindaklanjutinya, kalau Kota Ambon sudah kita dorong agar Kabupaten Malteng, SBT, SBB, Buru, dan Bursel,” Ujar Bakri Asyatri. (EM-FATAH)

Advertisement

Gempa terkini di Indonesia

More in Ambon