Connect with us

Pendidikan

Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus Harus Terus Dibenahi

Google image

Laporan Muhammad Silehu

AMBON,EKSPRESIMALUKU.com – Kehilangan identitas diri mahasiswa saat ini dilatarbelakangi saat pertama kali menjadi seorang mahasiswa. Yakni saat mengikuti Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus (Ospek).

” Orientasi studi pengenalan kampus bagi mahasiswa akhir – akhir ini lebih mengarah pada serimonial belaka. Ketua Pemuda Muhammadiyah Kota Ambon, Ismail Borut, SPd, usai memberikan materi debat publik di Aula SMK Muhammadiayah, Wara-Ambon, Kamis, (14/09/2017).

Menurutnya, pengenalan identas diri bagi seorang mahasiswa, harusnya memperbanyak materi – materi yang berhubungan dengan pengembangan diri yang mengarah pada jati diri mahasiswa. Sehingga target yang bertujuan untuk menciptakan generasi cerdas dan berbudi akan terjadi.

” Lihat saja mahasiswa saat ini, kebanyakan setelah terdaftar dan proses perkuliahan berjalan, masalah pertama yang mahasiswa keluhkan adalah nilai. Ketika pengalaman ini terjadi, maka Saya katakan bahwa ini merupakan kegagalan dalam mengenali diri mereka sebagai mahasiswa “, Ungkap Borut.

Hal inilah yang sangat mempengaruhi pola pikir serta cara pandang mahasiswa dalam menjawab dinamika kampus yang semakin ketat diikat oleh aturan dan lain sebagainya. Tandasnya.

Advertisement

Gempa terkini di Indonesia

More in Pendidikan