Connect with us

SBB

Menjaga Ketahanan Pangan, Pemda SBB Buka Lahan Perkebunan

Foto:Ist

Laporan:Faisal Sombalatu

PIRU,EKSPRESIMALUKU.com – Dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan di tengah masyarakat guna mengantisipasi dampak Covid-19, Pemerintah Kabupaten Seram Bagian Barat menambah lahan perkebunan seluas 10 Hektar yang dibuat dihalaman Pandopo Bupati Seram Bagian Barat (SBB). Sabtu, 18/07/2020.

Bupati Seram Bagian Barat, Moh. Yasin Payapo mengatakan, pembukaan lahan yang dilakukan merupakan bagian dari menjaga ketahanan pangan dari dampak Virus Corona.

” Ini bagian dari program gerakan masyarakat buat kebun yang tersebar di wilayah Seram bagian barat yang dijalankan. Hari ini Kita kemali membuka lahan 10 hektar pertama dan akan dilakukan bertahap pada sejumlah lokasi “, Ujar Payapo.

Dijelaskannya, Kabupaten Seram Bagian Barat memiliki lahan yang luas dan pangan yang melimpah ruah dan bertebaran dimana-mana. Dengan demikian seluruh anak bangsa punya tanggung jawab untuk menjaga ketahanan pangan hingga dapat diproduksi dan dinikmati oleh seluruh masyarakat.

” Kebun pemda ini dibuat untuk masyarakat. Sehingga bagi masyarakat yang ingin menikmati umbi umbian dan sayuran silahkan datang mendaftarkan diri dan mengambil hasilnya tanpa dipungut biaya “, Jealsnya.

Bupati SBB Moh. Yasin Payapo juga berterima kasih kepada masyarakat pemilik tanah yang sudah menghibakan lahab untuk dijadikan kebun oleh Pemda.

” Saya juga sangat berterima kasih dan memberikan apresiasi kepada pemilik lahan yang sudah hibahkan lahan dan bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten SBB dalam mendukung ketahanan pangan di Kabupaten yang berjuluk Saka Mese Nusa ini “, Tandas Payapo.

Usai pembersihan lahan perkebunan, kemudian dialnjutkan dilakukan proses penanaman umbi-umbian, anakan pohon pisang dan sayuran dalam jangka lima hari ke depan.

Kegiatan tersebut turut dihadiri Forkopimda Seram Bagian Barat, unsur TNI-Polri serta masyarakat sekitar.

Gempa terkini di Indonesia

More in SBB