Connect with us

Ambon

Melalui Festival Selat Valentine, Ekspresi Maluku-EO Dorong Pengembangan Pariwisata

Foto:EM

Laporan:Fatah

AMBON,EKSPRESIMALUKU.com – Maluku merupakan daerah yang terkenal dengan potensi sumber daya alam laut yang cukup potensial selain itu Maluku terdiri dari gugusan pulau-pulau dengan pesona alam nan elok.

Terdapat sejumlah tanjung dan selat yang memiliki pemandangan yang luar biasa, potensi ini ada pada semua kabupaten dan kota di daerah dengan julukan seribu pulau.

Di Seram Bagian Barat dengan julukan bumi “Saka Mese Nusa”, terdapat sebuah selat nan indah yang terletak di wilayah Pulau Buano yakni, Selat Valentine.

Melihat potensi wisata alam nan cantik itu, maka Ekspresi Maluku Event Organizer merasa perlu mendorong masyarakat di sekitar selat Valentine Pulau Buano dan mengemasnya dengan potensi anak-anak muda yang setiap hari bergaul erat dengan laut menjadi sebuah event yang mendukung wisata Bahari .

Sebagai inisiator (founder) Ekspresi Maluku yang juga pegiat wisata, Yusnita Tiakoly yang ditemui Senin, 12/04/2021, mengungkapkan, Kabupaten SBB memiliki keunggulan potensi sumber daya alam yang menarik dikembangkan sebagai potensi pariwisata tentunya memerlukan tata kelola yang baik dengan melibatkan masyarakat setempat, kelompok penggiat pariwisata maupun dukungan investasi sektor swasta.

Pengembangan kepariwisataan daerah diperlukan sinergitas dari semua stakeholder terkait guna meningkatkan pengembangan sumberdaya manusia maupun peningkatan ekonomi masyarakat.

Kegiatan yang mengusung tema, “ Ekspresi Pesona Selat Valentine” ini adalah rangkaian kegiatan yang diselenggarakan Ekspresi Maluku yang didukung Pemerintah Kab. SBB.

Festival Selat Valentine Pulau Buano, Kabupaten Seram Bagian Barat direncanakan 22-23 Mei 2021. Namun waktu dapat berubah sewaktu waktu.

“Kami berencana menggelar Festival Selat Valentine yang di harapkan akan menjadi pemicu guna mendorong pembangunan wilayah kepulauan dari sektor Wisata Bahari , diantaranya Pulau Manipa, Pulau Kelang maupun Buano sendiri”. Kata Tiakoly.

Dikatakan, salah satu agenda dalam Festival Ekspresi Pesona Valentine ini adalah mengangkat potensi anak-anak di wilayah kepulauan yang mahir mendayung.

” Semoga saja dapat menjadikan dorongan ataupun motivasi kepada anaak-anak pulau akan potensi wisata bahari maupun olahraga dayung nantinya, ” harapnya.

Festival Selat Valentine akan diisi dengan kegiatan edukasi maupun berperahu di dalam Selat Valentine. Dengan harapan besar, event Festival Selat Valentine akan membangkitkan secara perlahan dunia wisata pasca Covid-19 terutama di Seram Bagian Barat.

” Harapan besar Saya bahwa nantinya melalui event ini, Selat Valentine akan menjadi salah satu destinasi pariwisata yang lebih dikenal serta diperhitungkan sehingga akan membuka ruang keterisoliran wilayah, meningkatkan akses infrastruktur yang berkualitas sehingga dapat menjadi pasar yang baik pada tingkat lokal, regional mau pun nasional nantinya, ” jelas Tiakoly.

Kehadiran Ekspresi Maluku Event Organizer mengkolaborasikan ide-ide kreatif terhadap pengembangan potensi Maluku melalui promosi media cetak, promosi media online, trip komunitas Kompasianer Amboina dan Ekspresi Maluku selain itu juga pernah melaksanakan event besar Festival Seni budaya Sahur tahun 2006 silam di Kota Ambon. (*)

Advertisement

Gempa terkini di Indonesia

More in Ambon