Connect with us

SBB

Mari Berwisata ke Pulau Bunga

Pulau Bunga. Foto: ekspresi doc

Laporan: Ahmad Silehu

MANIPA, EKSPRESIMALUKU.com – Pulau Bunga, kawasan wisata. Yakin tidak semua orang pernah mendengar nama ini. Terletak di Kecamatan pulau Manipa Kabupaten Seram Bagian Barat Propinsi Maluku .

Kawasan wisata ini pula yang sempat mencuri pandang dan perhatian kepala Dinas Pariwisata Maluku, Habiba Saimima. Sampai Saimima berencana menjadikan kawasan Pulau Bunga menjadi wisata andalan pulau Manipa.

Jika anda penasaran, ketika telah tiba di Desa Luhutubang Pulau Manipa hanya menggunakan speed boat reguler dari pelabuhan Tahoku Desa Hila, tiga jam sampai ke Pulau Bunga. Cuma merogoh kocek sebesar Rp.100 ribu. Dan bila dari Ibu Kota  Kabupaten SBB maupun Kabupaten Buru dapat di kunjungi dengan Kapal Fery Tanjung Sole Rp.50 ribu.

Pulau Bunga, juga dinamakan Pulau Nusa Sari atau oleh warga setempat disebut lebih umum disebut pulau tuban.

Bersantai sejenak menikmati keindahan Pulau Bunga atau pulau Tuban ketika mengunjungi Kecamatan Kepulauan Manipa Kab. SBB adalah sebuah sensasi yang berbeda -Memet

Nama Pulau tersebut terdiri dari dua kata antara lain “Nusa” dan “Sari”. Nusa mengartikan Pulau, dan Sari mengartikan Bunga.

Demikian dikatakan mantan Raja Negeri Luhu Tuban, M. Musa Pelu, saat ditemui Ekspresimaluku. Jumat (31/03/2017)

Pulau Bunga, menyimpan berbagai panorama keindahan. Sepanjang mata memandang, pasir putih membentang luas.

Butir-butir pasir putih ini menjadi pintu air keluar masuk dari lima penjuru mata angin. Subhanalah. Indah dipandang.

Keindahan lain pulau Bunga juga tercetak pada terumbu karang yang masih ‘perawan’ diselimuti hutan mangrove.

Jika air surut, muncul padang lumut sepanjang pantai.  Ini membuat warna air di Pulau Bunga selalu berubah mengikuti perubahan waktu. Di pagi hari, siang, sore sesuai pancaroba.

Sebuah danau cantik terletak ditengah pulau Bunga dengan diameter 250 persegi. Dikelilingi tumbuhan mangrove.

Pulau Bunga juga menjadi tempat berteduh berbagai macam species ikan termasuk ikan tuna. Ikan ini sering terjebak pada danau yang ada. Oleh warga itu sebagai rejeki.

Selain itu, ternyata pulau Bunga oleh warga setempat dijadikan sebagai lokasi perkembangbiakan penyu. Jika menyusuri pantai, mata kita mudah diajak melihat penyu yang berteduh dibawa pohon-pohon palem bongsai.

Pantai indah, pasir putih bersih, rindang mangrove dan penyu berlari-lari membuat pulau Bunga cocok sebagai lokasi wisata baru anda.

Anda tidak perlu khawatir, keramahan dan kesantunan Warga Pulau Tuban akan membuat anda betah berwisata. Soal nginap, warga pun menyediakan rumah-rumah warga secara gratis.

Selamat Datang di Pulau Bunga.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement

Gempa terkini di Indonesia

More in SBB