Connect with us

Ambon

Maluku Akan Dapat Bantuan Dua Kapal

AMBON,EKSPRESIMALUKU.com – Maluku akan mendapat bantuan dua buah Armada Kapal penumpang dari Pemerintah Pusat (Pempus) guna mengatasi keluhan masyarakat di Maluku soal angkutan laut.

Hal tersebut diungkapkan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Tonny dalam kunjungan kerjanya ke Maluku saat meresmikan dermaga Pelabuhan Rakyat di Pantai Losari, Mardika, desa Batu Merah Ambon, Senin, (30/5/2016).
Dikatakan, Menteri Perhubungan di Jakarta telah berjanji kepada Gubernur Maluku bahwa, dalam waktu dekat, Maluku akan mendapat bantuan dua buah kapal penumpang dengan kapasitas DGT 2000 untuk mengatasi pelayanan jasa angkutan kapal di Maluku yang terdiri dari gugusan pulau.
“ Sesuai janji Menteri Perhubungan, Maluku akan mendapat bantuan kapal. Hal ini sesuai dengan kondisi geografis Maluku yang cukup luas dengan pulau terpisah. Kapal sekarang baru dalam tahap pengerjaan dan tahun ini akan cepat diselesaikan “ Ungkapnya.
Tony berharap, kapal tersebut bisa beroperasi. Sambung Dia, saat ini pihaknya sangat keterbatasan dana. Olehnya itu, kapal yang didatangkan akan disesuaikan dengan skala jalur laut. Masing – masing daerah dari sabang sampai merauke.Terkhusus Maluku dan Papua akan diberikan sesuai Skala Prioritas.
Untuk diketahui, Maluku saat ini sangat minim armada kapal dan sebagian kapal yang beroperasi banyak dan usianya sudah tua dan perlu diremajakan. Apalagi ketika laut bergelombang dan mengakibatkan kapal tidak layak berlayar. Sehingga, masyarakat Maluku sangat mengeluh dengan kondisi serta fasilitas kapal yang ada. (EM-Aswad).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement

Gempa terkini di Indonesia

More in Ambon