Connect with us

SBB

Asisten I Buka Sosialisasi Lokalatih Pimpinan Institut Adat di Kabupaten SBB

Laporan : Sarmin N. Ali

PIRU,EKSPRSIMALUKU.com – Asisten satu Sekda Seram Bagian Barat (SBB), Drs. Paulus C. Pical buka kegiatan  Sosialisasi lokalatih bagi sejumlah Pimpinan Institut Adat Maluku yang berlangsung di resort Pulau Osi, Kabupaten Seram Bagian Barat, Kamis (19/10/2017).

” Saya yakin bahwa Lembaga Partisipasi Pembangunan Masyarakat (LPPM)  Maluku miliki output dalam memberikan pemahaman serta tanggung jawab. Sehingga mampu menyatukan persepsi bagi sumberdaya alam. Ini juga awal dari program repitalisasi lokal untuk mengelolaan sumber daya alam di bumi Saka Mese Nusa, ” Ungkap Pical.

Program pengelolaan sumberdaya alam berkelanjutan pernah diaksanakan Augustus 2017 lalu di Pulau Buano.  Dengannya, LPPM menindak lanjutinya

Ketua LPPM Maluku, Pier Wairisal mengatakan, lembaga adat Pulau Buano memiliki modal sosial penting dalam upaya melestarika sosial budaya alam. Sebab mereka memiliki pengaruh dan hak ulayat di daerah kekuasaan mereka.

” Lembaga adat memiliki peran sebagai media pengorganisasian dalam lingkungan masarakat dan dapat menciptakan ketertiban sosial. Sehingga menjadi lembaga pengendalian sistem nilai-nilai norma dalan masyarakat Buano “, Ungkap Wairisal.

Dirinya berharap, peserta kegiatan dapat implementasikan dalam lingkungan masyarakat dan dapat difungsikan demi kelangsungan generasi.

Satukan pikiran, imajinasi kearifan lokal dalam memaksimalkan keakuratan pengetahuan serta fungsi-fungsi adat serta diskusi yang baik dan berkualitas.

Advertisement

Gempa terkini di Indonesia

More in SBB