Connect with us

Kec. Kota Masohi

Lomba Bertutur, Jejak Putera Sang Fajar Ir. Soekarno

Staf Ahli Bupati, Ir. Erni Yuliawati Sukamto, buka lomba "Masohi Bertutur" | Foto: Istimewa

MASOHI,EKSPRESIMALUKU.com,- Songsong HUT Kota Masohi Ke-66 tanggal 3 November 2023, Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah menggelar serangkaian lomba salah satunya ialah lomba “Masohi Bertutur” yang digelar di aula Kantor Dinas Perpustakaan Daerah setempat, Senin, 30/10/2023.

Lomba tersebut dibuka langsung oleh Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan dan Kemasyarakatan Ir. Erni Yuliawati Sukamto, MM atas nama Penjabat Bupati Maluku Tengah, Rakib Sahubawa.

Para peserta menceritakan tentang awal mula peletakan batu pertama pembangunan Kota Masohi, serta sejarah lain tentang jejak sejarah Putra sang fajar, khususnya di Pulau Seram Provinsi Maluku.

Hadir dalam kegiatan ini para Staf Ahli Bupati, para Assisten Setda, pimpinan OPD lingkup Pemda Malteng, dewan juri dan peserta lomba.

“Atas nama pemerintah Kabupaten, Saya memberikan apresiasi atas terselenggaranya lomba masohi bertutur, yang menjadi wadah kompetisi edukatif bagi generasi muda maluku tengah, guna menumbuhkembangkan budaya gemar membaca bagi masyarakat,”Ungkap Sahubawa.

Menurutnya, kegiatan itu tentunya menjadi upaya penting dalam meningkatkan motivasi masyarakat umum untuk bergiat dalam proses belajar membaca, agar generasi muda kedepan lebih kreatif dan cerdas, serta bisa berkontribusi pada pembangunan negeri tercinta.

Di tengah derasnya arus informasi dan komunikasi di era digital sekarang ini, rendahnya tingkat literasi masyarakat merupakan realitas yang menyesakkan dan perlu menjadi perhatian pemerintah. tidak hanya literasi dalam arti luas, namun dalam hal literasi dasar, salah satunya yakni aktivitas membaca.

“Kemampuan dan kesenangan membaca merupakan modal dan faktor penting dalam penyelenggara pendidikan dan pembangunan masyarakat untuk hidup lebih cerdas, berwawasan luas dan tangkas dalam menghadapi peluang dan tantangan di era ekonomi global,”ingatnya.

Olehnya itu, Sahubawa mengapresiasi lomba bertutur yang dilaksanakan, karena merupakan salah satu cara penting dalam membudayakan minat baca, meningkatkan literasi masyarakat, secara khusus tentang budaya lokal dan nilai-nilai sejarah daerah yang perlu diangkat kembali.

“Saya berharap, melalui lomba ini dapat menggali potensi para peserta lomba untuk dapat meningkatkan kreativitas, kecerdasan, dan inovasi sebagai generasi penerus bangsa. sehingga mereka mampu menggali potensi budaya lokal yang berkembang di lingkungan masyarakat,”Tutup Sahubawa.

Sementara itu, Ketua panitia penyelenggara Elena Taihitu berharap lomba “Masohi Bertutur” yang menceritakan sejarah Presiden RI pertama Ir.Soekarno dalam membangun Kota Masohi, dapat menjadi daya tarik masyarakat luas mengenal sejarah di Pulau Seram.

“Lomba berturut yang menceritakan Sejarah Presiden Pertama Negara ini dalam membangun dan memberi nama “Masohi” sejatinya dikenal sebagai sejarah yang tidak pernah terlupakan bagi daerah ini. Orang Maluku khsusnya generasi millenial perlu mengetahui dan jangan melupakan sejarah, sebab bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak melupakan sejarah”Ujar Taihitu.

Advertisement

Gempa terkini di Indonesia

More in Kec. Kota Masohi