Connect with us

Malteng

Leleury Pimpin Upacara Hari Otda XXII di Masohi

Foto: Humas Malteng

Laporan:Ekspresi Maluku

MASOHI,EKSPRESIMALUKU.com – Wakil Bupati Maluku Tengah, Marlatu L Leleury bertindak sebagai isnpektur upacara saat peringatan Hari Otda (Otonomi Daerah) yang dipusatkan di halaman depan kantor Bupati Maluku Tengah, Rabu, 25/04/2018.

Dalam amanat Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo yang dibacakan Wakil Bupati Maluku Tengah, Marlatu Leleury menegaskan bahwa, bangsa ini semakin dewasa menyadari bahwa cara yang efektif mewujudkan kesejahteraan rakyat adalah melalui penyelenggaraan otonomi daerah yang bersih dan demokratis.

” Melalui tema peringatan Hari Otonomi Daerah ke-22 tahun 2018 ini, ” Mewujudkan Nawa cita Melalui Penyelenggaraan Otonomi Daerah Yang Bersih dan Demokratis “, bukan menjalankan penyelenggaraan otonomi daerah sesuai perundang-undangan melainkan harus menjadikan transparasi dan partisipasi publik sebagai tolak ukur utama dalam mengambil kebijakan yang dipertanggungjawabkan kepada masyarakat “, Jelas Mendagri, Tjahjo Kumolo

Penyelenggaraan otonomi daerah yang bersih merupakan bagian yang penting dari sebuah demokrasi. Sebab hal ini menjadi syarat mutlak bagi pembangunan yang menyeluruh dan berimbang.

” Syarat dari terwujudnya tujuan utama dari otonomi daerah yaitu, peningkatan kesejahteraan rakyat melalui peningkatan kualitas pelayanan publik dan peningkatan daya saing, kreatifitas, serta inovasi yang mengandalkan kekhasan daerah. Jika prinsip ini diabaikan, maka penyelenggaraan otonomi daerah tidak akan pernah sampai pada tujuannya “, Ingat Kumolo.

Mendagri menekankan tiga hal yang menjadi perhatian bersama yakni, jajaran pemerintah daerah sebagai pelaku pembangunan senantiasa mengedepankan nilai dasar revolusi mental yaitu integritas, etos kerja dan gotong royong.

Mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik (Good Govermance) peningkatan kapasitas aparatur, akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah yang menjadi kunci keberhasilan dalam implementasi kebijakan otonomi daerah masih perlu ditingkatkan.

Peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan kualitas pelayanan publi, peningkatan pemberdayaan masyarakat serta peningkatan daya saing perekonomian daerah harus terus menjadi prioritas utama di semua level Pemerintahan Daerah.

Upacara peringatan Hari Otonomi Daerah XXII tahun 2018 yang digelar di halaman utama kantor Bupati Maluku Tengah turut dihadiri pejabat pemerintahan serta seluruh SKPD lingkup Pemda Maluku Tengah.

Advertisement

Gempa terkini di Indonesia

More in Malteng