Connect with us

Kec. Teluk Elpaputih

Kunker Wamen ATR/BPN Di Maluku Tengah Dampingi Bupati Maluku Tengah

Kunker Wamen ATR/BPN RI Surya Tjandra (kemeja hitam) di Negeri Tananahu, Kecamatan Teluk Elpaputih, Kabupaten Maluku Tengah, Selasa, 23/02/2021. | Foto:EM,

Laporan:Ekspresi Maluku

TELUKELPAPUTIH,EKSPRESIMALUKU.com – Wakil Menteri Agraria Tata Ruang dan Badan Pertanahan Naaional Surya Tjandra, didampingi Bupati Maluku Tengah, mengunjungi Negeri Tananahu Kabupaten Maluku Tengah sekaligus melakukan tatap muka dengan masyarakat. Selasa, 23/02/2021.

Dalam kunkernya itu, Wamen menerima banyak masukan dari masyarakat Negeri Tananahu yang meminta pengembalian lahan 3.458 hektar lahan adat dari penguasaan PTPN XIV Awaiya.

Wamen dalam diskusi bersama warga saat itu berjanji akan memperlajari dan menindaklanjuti setiap masukan masyarakat.

“Bagi saya, sementara ini masih ingin pelajari dulu apa yang sebetulnya jadi harapan ibu dan masyarakat atas apa yang terjadi. Itu barangkali memang perlu disikapi,” ujar Wamen.

Terkait tuntutan masyarakat adat Tananahu atas Hak Huna Usaha (HGU) milik masyarakat yang masih dikuasai PTPN XIV Awaiya akan diupayakan oleh kementerian melalui musyawarah dengan ppihak terkait.

“Saya ini wakil menteri bukan pengambil kebijakan, dan tidak dapat menjanjikan kepada masyarakat. Namun, apa yang nenjadi tuntutan dan harapan akan saya sampaikan kepada menteri,” janji Wamen saat tatap muka di Baileo Negeri Tananahu.

Sebelumnya wamen juga melakukan tatap muka dengan masyarakat Kecamatan TNS untuk mendengar langsung keluhan masyarakat. Wamen bersama Bupati Maluku Tengah Tuasikal Abua bersama rombongan kemudian melanjutkan agenda Rapat Koordinasi Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA)  tingkat kabupaten yang dipusatkan di Baileo Soekarno pendopo bupati, Kota Masohi.

Advertisement

Gempa terkini di Indonesia

More in Kec. Teluk Elpaputih