Connect with us

Malteng

KPU Gelar Bimtek Bagi PPK dan PPS se-Maluku Tengah

MASOHI,EKSPRESIMALUKU.com – Untuk menghindari terjadinya kesalahan proses pemungutan suara sampai pada tingkat perhitungan surat suara, KPU Maluku Tengah menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi seluruh PPK, PPS serta KPPS di Gedung Mae Oku, Kota Masohi, Selasa (24/01/2017).
“Bimtek ini lebih di fokuskan bagi PPK dalam mengawal proses perhitungan suara di tingkat kecamatan dengan tepat dan benar”, Jelas Ketua KPU Maluku Tengah, Ridwan Tomagola kepada wartawan.
Dijelaskannya, tahapan perhitungan hingga rekapitulasi perhitungan surat suara dirasa cukup krusial. Sehingga, diperlukan pemantapan serta pemahaman bagi para penyelenggara pemilu di tingkat kecamatan dan desa.

Koordinator Divisi Teknis Penyelenggara Pemilu Pemilukada Provinsi Maluku, La Alwi, SH.MH mengatakan, bimtek yang diselenggarakan sangat penting bagi penyelenggara pemilu khususnya bagi PPK yang melakukan rekapitulasi perhitungan suara di kecamatan.

“ Sesuai dengan ketentuan, PPK akan merekapitulasi suara calon tidak saja dari tiap desa dalam satu wilayah kecamatan. Melainkan, perolehan suara tiap TPS dalam satu Desa juga menjadi tugas PPK untuk melakukan rekapitulasi “, Tandasnya.

Selaku Komisioner KPU Provinsi Maluku yang ditugaskan di Maluku Tengah, La Alwi berharap, Pilkada Maluku Tengah yang hanya memiliki satu pasangan calon dapat disosialisasikan oleh peserta bimtek dan diteruskan kepada masyarakat.

Dengannya, partisipasi pemilih, meskipun hanya dengan satu paslon, minimal dapat mencapai dan melebihi target Nasional yakni 75 persen partisipasi pemilih. (EM-Fatah)

Advertisement

Gempa terkini di Indonesia

More in Malteng