Connect with us

Ambon

Korps Marinir TNI-AL Lestarikan Terumbu Karang di Ambon

AMBON,EKSPRESIMALUKU.com-  Korps Marinir TNI-AL  melaksanakan kegiatan melestarikan terumbu karang dengan menanam 900 anakan  di  Negeri Hukurila, Kecamatan Leitimur Selatan, Ambon, Sabtu (4/06/2016).

Menurut Wakil komandan Lantamal IX Ambon, Kolonel Marinir, Joko Supriyanto, saat ini terumbu karang di daerah Maluku sangat perlu perhatian, karena banyak yang telah rusak akibat banyak aktivitas manusia yang merusaknya, dengan penggunaan bom untuk menangkap ikan dan pencemaran sampah serta aktivitas lainnya.

Selain itu belum ada kesadaran masyarakat untuk melestarikan lingkungan menambah berat tekanan bertumbuhnya terumbu kerang.

“Terumbu kerang mempunyai fungsi penting dalam ekosistem laut, sebagai tempat tinggal, tempat berindung, tempat berkembang biak (Spawning Ground), tempat Pembesaran (Nursery Ground), dan mencari makanan (Feeding Ground) bagi ribuan biota laut yang tinggal di dalam maupun di sekitarnya” Ujar Joko.

Tambah Joko, dengan kerja sama TNI-AL, TNI-AD, TNI-AU, Kepolisian, Universitas Pattimura Ambon, Club Diving wilayah Ambon, dan LIPI, dengan 100 personil penyelam, dengan kedalaman laut 8 meter, dalam menyelamatkan terumbu kerang di daerah Maluku, dan yang dilaksanakan di Negeri Hukurila ini, tema “save our littoral life” (SOLL)

“Aksi penyelamatan terumbu karang ini diharapkan mampu menyelamatkan potensi kekayaan laut Maluku, melalui upaya melindungi, melestarikan dan memanfaatkan sumber daya terumbu karang secara berkelanjutan, selain itu menjamin kelestarian dan keanekaragaman hayatinya untuk generasi saat ini maupun yang akan datang,”Tegasnya.

Sementara itu Sekertaris Kota Ambon (Sekot) A. G Latuheru dalam sambutannya mengatakan Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon menyambut kegiatan ini dengan sukacita dan gembira karena, kegiatan ini untuk menjaga secara bersama-sama , bukan hanya pantai, tapi juga laut dan di bawah laut . Pemkot juga telah menetapkan pantai Tihulessi –Hukurila sebagai tempat Kunjungan Wisata .

Masyarakat Hukurila dihimbau untuk menjaga , memelihara dan melestarikan agar ada manfaatnya untuk masa yang akan datang. (EM-ADN)

Advertisement

Gempa terkini di Indonesia

More in Ambon