Connect with us

SBB

Kelola Potensi Lokal, Negeri Tumalehu Barat Resmi Bentuk BUMDes

Fotoby: FS

Laporan:Fatah

KEP.MANIPA,EKSPRESIMALUKU.com – Pemerintah Negeri Tumalehu Barat, Kecamatan Kepulauan Manipa, Kabupaten Seram Bagian Barat, resmi membentuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) sebagai salah satu upaya dalam menggerakan usaha ekonomi di desa.

Penjabat Negeri Tumalehu Barat, Yusnita Tiakoly mengungkapkan, potensi Sumber Daya Alam (SDA) di Negeri Tumalehu Barat cukup melimpah. Namun, belum dikelola dengan baik. Seperti perikanan, maupun pertanian.

“ Alhamdulillah, BUMDes dengan nama Kapitan Yongkor ini telah dibentuk. Diharapkan nantinya, BUMDes mampu memaksimalkan potensi masyarakat Negeri. Selain perikanan, potensi perkebunan seperti damar, kenari, rotan, dan lainnya cukup melimpah. Ini yang perlu dikelola secara maksimal “, Tandas Tiakoly usai acara. Selasa, (02/10/2018).

Penjabat Negeri Tumalehu Barat, Yusnita Tiakoly. | Fotoby:FS

Sasaran pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui BUMDes salah satunya untuk melayani masyarakat dalam mengembangkan usaha produktif. Tujuan lainnya ialah menyediakan media beragam usaha dalam menunjang perekonomian masyarakat sesuai dengan potensi dan kebutuhan masyarakat. Paparnya.

Mahmud Makassar, salah satu anggota BPD Negeri Tumalehu Barat berharap, melalui BUMDes yang telah dibentuk mampu mengelola Sumber Daya Alam yang sebelumya dikelola secara individu menjadi lebih baik.

“ Potensi alam Kita di Tumalehu Barat ini sangat banyak mulai dari hasil laut sampai hasil hutan. Namun, masih dikelola secara individu. Dengan BUMDes ini diharapkan dapat meningkatkan pendapatan masyarakat “, Ujarnya.

Salah satu anggota BPD Negeri Tumalehu Barat, Mahmud Makassar. | Fotoby:EM

Pembentukan Badan Usaha MIlik Desa (BUMDes) Kapitan Yongkor, Negeri Tumalehu Barat turut disaksikan perwakilan Dinas Pemberdayaan Desa Kabupaten Seram Bagian Barat yang disetujui oleh Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Tokoh Adat, Agama, dan Tokoh Pemuda setempat.

Hasil alam yang dikelola di ekspor oleh masyarakat Kepulauan Manipa ke Pulau Ambon melalui Pelabuhan Rakyat Tohoku, Maluku Tengah. Tentunya mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Selain itu, transportasi yang belum memadai dan keadaaan laut yang tidak menentu. Melalui BUMDes diharapkan mampu memudahkan masyarakat dalam meningkatkan PADesa.

Secara spesifik, pendirian BUMDes juga menyerap tenaga kerja, meningkatkan kreatifitas serta peluang usaha ekonomi produktif bagi mereka yang berpenghasilan rendah. Selebihnya menjadikan Negeri Tumalehu Barat maju dan berkembang.

Advertisement

Gempa terkini di Indonesia

More in SBB