Connect with us

SBB

Kelautan dan Perikanan jadi Sektor Unggulan di SBB

Laporan : Ekspresi

PELITA JAYA,EKSPRESIMALUKU.com – Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) merupakan Kabupaten Bahari yang miliki luas wilayah laut lebih dominan dari daratan seluas 79.005 KM atau sebesar 91,91 persen dari total luas wilayah 89.953,40 KM. Dengan demikian sektor kelautan dan perikanan menjadi sektor unggulan.

Hal ini disampaikan Penjabat Bupati Seram Bagian Barat, Drs. Ujir Halid, M, Si, saat peninjauan lokasi pusat pelaksanaan Program Emas Biru bersama Pangdam XVI Pattimura, Gubernur Maluku dan rombongan Bupati serta Walikota se-Maluku dan Maluku Utara di Teluk Pelita Jaya, Kabupaten Seram Bagian Barat, Kamis (09/03/2017)

” Salah satu kawasan yang potensial dan menjanjikan yaitu perairan Kotania dan Teluk Pelita Jaya yang mana telah ditetapkan oleh Menteri Perikanan sebagai kawasan Minapolitan dengan cakupan wilayah perairan berada di Kecamatan Huamual Belakang dan Kecamatan Seram Barat “, Paparnya.

Dengan demikian kawasan Perairan Kotania dan Teluk Pelita Jaya sangat potensial untuk pengembangan perikanan budidaya terutama jenis komoditi perikanan yang tidak bergerak seperti rumput laut dan mutiara termasuk usaha keramba. Dimana arus perairan yang stabil sehingga menarik plankton yang menjadi sumber makanan bagi ikan.

” Selain letaknya yang stategis sebagai jalur lintas dagang di Kabupaten Seram Bagian Barat, kemajuan Dusun Pelita Jaya dan sekitarnya turut didukung oleh mata pencaharian masyarakat sebagai nelayan perikanan budidaya dan nelayan pengumpul hasil perikanan “, Jelas Ujir Halid. (EM-Fatah).

Advertisement

Gempa terkini di Indonesia

More in SBB