Connect with us

Kec. Leihitu

Kebun Bunga Matahari, Jadi Tujuan Wisata Baru di Maluku

Laporan:Indah Sari Ibrahim

LEIHITU,EKSPRESIMALUKU.com – Senang dan gembira tergambar di raut wajah para pengunjung yang mendatangi kebun bunga matahari, dusun Telaga Kodok, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku yang merupakan Kebun Bunga Matahari pertama di Maluku.

” Waktu liat di medsos, Saya pikir ini diluar Maluku. Setelah viral, Saya langsung menuju ke dusun Talaga Kodok ini. Tempat ini bagus sekali, rapi dan dijaga kebersihannya oleh pengelola “, Kata Muna Pikal, salah satu pengunjung di kebun bunga Matahari. Kamis, 07/03/2019.

Lahan seluas seperempat hektar tersebut awalnya hanya di tanami 80 pohon bunga matahari. Ini dilakukan petani untuk mengurangi serangan hama terhadap tanaman yang mereka tanam.

” Awalnya bung matahari tidak banyak hanya 80 pohon saja. Namun karena bnyak teman yang bilang untuk perbanyak, akhirnya Saya tanam lebih banyak lagi dan sampai sekarang sudah 1800 pohon “, Jelas pemilik kebun bunga matahari, Nasarudin.

Setelah viral di media sosial dan telah masuk pemberitaan media lokal, lokasi kebun bunga matahari, kini dijadikan tempat wisata. Tak heran, banyak kaum hawa yang mendatangi kebun tersebut untuk sekedar jalan-jalan ataupun berselfi ria mengabadikan momen cantik mereka bersama bunga matahari.

” Kami selaku petani sekaligus pengelola lokasi kebun bunga matahari ini sangat mengharapkan partisipasi pengunjung untuk menjaga kenyamanan serta kebersihan kebun dengan tidak membuang sampah sembarangan dan tidak memetik bunga matahari tanpa izin “, Ingat Nasarudin.

Untuk menuju ke kebun bunga matahari di dusun Talaga Kodok, dari pusat Kota Ambon dibutuhkan waktu kurang lebih 25 menit menggunakan kendaraan. Sampai di dusun Telaga Kodok, perjalanan ke kebun bunga matahari masih ditempuh dengan berjalan kaki sejauh 2 KM dari serta dapat ditempuh dengan motor ojek yang siap mengantar pengunjung.

Pemberlakuan tiket masuk juga diterapkan oleh pengelola kebun. Ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan serta fasilitas yang dibutuhkan pengujung di lokasi dan perawatan bunga matahari.

Harga tiket untuk masuk ke lokasi kebun bunga matahari, per/orang sebesar Rp. 5000 untuk hari senin – jumat. Sedangkan untuk hari Sabtu dan Minggu, tiket masuk per/orang Rp. 10.000.

Bagi anda pencinta kebun bunga, kebun bunga matahari di dusun Talaga Kodok, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah ini dapat direkomendasikan menjadi salah satu tujuan wisata anda.

Advertisement

Gempa terkini di Indonesia

More in Kec. Leihitu