Connect with us

Ambon

Kawal Demokrasi, Rakyat Progresif Provinsi Maluku Terbentuk

Pengurus DPW PRP Maluku di Lantik | Foto Ekspresimaluki

AMBON-EKSPRESIMLUKU.com_ Dewan Pimpinan Wilayah Perhimpunan Rakyat Progresif (DPW-PRP) Provinsi Maluku menjadi provinsi yang ke 17 terbentuk di tanah air. Deklarasi dan Pelantikan pengurus DPW PRP Provinsi Maluku langsung dihadiri Ketua Umum PRP David Krisna Alka di Kota Ambon, Senin 19/09/2023

Dalam sambutannya, David menyatakan, bahwa organisasinya dideklarasikan untuk membumikan akal progresif para pemikir dan pendiri bangsa dalam menunaikan spirit perjuangan kerakyatan.

“Organisasi rakyat ini kita deklarasikan untuk membumikan akal progresif para pemikir dan pendiri bangsa yang berkarakter kerakyatan, berprikemanusiaan, berkeragaman, berkeadilan, berkeadaban, berkemajuan dan bermartabat,” kata David.

Diterangkan, Perhimpunan Rakyat Progresif akan menggalang kekuatan nasional melalui kepemimpinan politik yang ideologis, terorganisir, dan terstruktur.

Selain itu, menggalang perjuangan politik dengan nilai solidaritas nasional, melanjutkan agenda progresif reformasi, serta menciptakan demokrasi yang berkemajuan.

“Rakyat Progresif menggenggam tekad untuk merajut rasa kebangsaan yang terserak, menanam benih-benih idealisme, membangun benteng-benteng kebhinnekaan, dan menguatkan pondasi kerakyatan yaitu gotong royong,” ujarnya.

Termasuk, kata dia, meningkatkan martabat Indonesia dalam pergaulan internasional, sebagaimana prinsip politik bebas aktif dengan melihat kondisi geopolitik internasional yang berkembang.​​​​​​​

David menambahkan bahwa Perhimpunan Rakyat Progresif berjuang pula untuk melawan kemunduran sosial dan politik.

“Kebudayaan harus menjadi panglima. Pancasila harus menjadi soko guru kepentingan nasional. Sejalan dengan itu partai politik harus dikembangkan keluar dari jebakan feodalisme dan perilaku koruptif. Demokrasi Indonesia dan Hak Asasi Manusia harus menjadi tulang dan dagingnya pembangunan nasional,” tuturnya.

Dia juga menyebut Perhimpunan Rakyat Progresif menghimpun diri untuk bergerak berjuang menegakkan pilar-pilar kebangsaan Indonesia.

“Gerakan politik kebudayaan yang mencerahkan, berkemajuan dan berkepribadian. Kita bergerak maju membangun peradaban bangsa dan dunia,” ucapnya.

Menghadapi tahun politik, dia pun mengingatkan seluruh rakyat Indonesia untuk tetap memajukan akal progresif agar tidak terprovokasi isu-isu maupun informasi yang menyesatkan.

“Mari kita gunakan akal merdeka, akal yang progresif untuk mewujudkan keadilan yang revolusioner bagi masa depan Indonesia, dengan melanjutkan kepemimpinan republik nan progresif,” pungkasnya.

Ketua DPW PRP Provinsi Maluku Alham Valeo menyambut dengan hangat dan akrab kehadiran PRP di Maluku.

“Ini sebuah kehormatan bagi kami, diberi kepercayaan dalam mengawal progreritas Rakyat Maluku,” ungkap Alham.

Dikatakan, terbentuknya PRP di Maluku menandakan masih banyak anak bangsa, kaum Millenial dalam hal Rakyat Maluku yang peduli dengan arah bangsa saat ini.

“Indonesia adalah negara demokrasi. Indonesia menempatkan pemuda sebagai subjek dari pemerintahan. Maka pemuda harus hadir dalam setiap proses demokrasi di Indonesia. Itulah kenapa kepengurusan PRP di Maluku diisi anak anak Muda,” terangnya

Alham mengatakan dinamika kebangsaan harus dijawab dengan sebanyak mungkin menciptakan narasi positif agar rakyat tidak kehilangan pegangan dalam mengusung keberlanjutan pembangunan.

“Kehadiran kita tentu menjadi spirit tersendiri di Maluku dalam mengawal demokrasi dan kebijakan pemerintah. Hal hal yang berkaitan dengan urusan-urusan kerakyatan harus kita kedepankan. Kita perjuangankan,” papar Alham

Dikatakan, kepengurusannya di Maluku masih bersifat baru, langkah paling mendasar yang akan dilakukan adalah bagaimana menumbuh kembangkan progresifitas dari masyarakat tentang realitas apatisme terhadap politik itu harus dihilangkan, harus diminimalisir.

“Kami akan berupaya tanamkan di masyarakat Maluku untuk menumbuhkan idealisme yang betul-betul idealis bagaimana menanamkan kepedulian terhadap pentingnya demokrasi. Ini berkaitan dengan cita-cita luhur bangsa,” ungkapnya.

Langkah preventif yang akan diambil DPW Perhimpunam Rakyat Progresif Maluku dalam waktu dekat ini, kata Alham, yakni berkolaborasi, berkoordinasi dengan pimpinan pusat serta seluruh stacke holder di Maluku untuk Bagaimana membuat suatu platform kebijakan yang betul-betul progresif, terarah serta terukur untuk kepentingan Rakyat Maluku kedepan.

Sementara Sekretaris PRP Maluku, Farham Suneth mengatakan, pasca dilantik, pihaknya akan bergerak dengan program-program serta menjalakan konsolidasi di 11 kabupaten kota di Maluku.

Tentu kata Suneth, program serta konsolidasi yang nantinya dibangun berbasis kerakyatan.

“Kota Ambon menjadi pusat konsolidasi organisasi dari awal dan nanti akan terbentuk dan menjalar di 11 kabupaten kota,” jelas Suneth

Ditambahkan, Rakyat progresif ini hadir sebagai organisasi kerakyatan untuk menyuarakan ketidakadilan pendidikan, kesehatan yang sengaja dimainkan oleh kepentingan-kepentingan kelompok sesaat.

“Kita tidak akan diam, kita ada bersama pusaran Rakyat Maluku, bukan dalam lingkaran elit, bukan di lingkaran kekuasaan. Tidak dinapikan pula, sesekali kami hadir juga di lingkaran kekuasaan apabila kekuasaan tidak berpihak kepada masyarakat. Didalamnya kita akan jadi pendobrak demi kepentingan masyarakat,” tegas dia.

Advertisement

Gempa terkini di Indonesia

More in Ambon