Connect with us

SBB

Kampung KB Negeri Tumalehu Barat Resmi di Bentuk

Foto:Ekspresi Maluku

Laporan:Indah Sari Ibrahim

KEP.MANIPA,EKPRESIMALUKU.com – Pembentukan Kampung Keluarga Berencana (KB) di Negeri Tumalehu Barat,Kecamatan Kepulauan Manipa, Kabupaten Seram Bagian Barat resmi di bentuk oleh Pejabat Desa setempat, Yusnita Tiakoly, Senin 13/08/2018.

Kampung KB bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa program Keluarga Berenaca bukan saja untuk mensukseskan Program KB. Namun lebih dari itu, sasaranya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“ Dibentuknya Kampung KB ini bukan untuk mebatasi jarak anak yang satu dengan anak yang berikutnya seperti Program KB dua anak cukup. Namun dalam Kampung KB telah disusun perencanaan pembangunan yang meliputi Kesehatan, Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan. Fokusnya pada masyarakat tidak mampu dan tidak punya akses terhadap fasilitas kesehatan “, Ungkap Tiakoly dalam sambutannya.

Dirinya berharap, dengan dibentuknya Kampong KB, dapat manjadikan perempuan Tumalehu Barat sebagai pilar pembangunan dan tidak hanya mengurus rumah tangga semata. Melainkan juga memanfaatkan hasil hutan atau Sumber Daya Alam (SDA) lokal untuk membantu ekonomi keluarga.

Ketua Majelis Ta’Lim Ar-Rahman Tumalehu Barat, Indah Makassar, megapresiasi kegiatan tersebut. Dirinya sangat berterima kasih dengan dibentuknya Kampung KB di. Dengan demikian membuka wawasan serta pemahaman perempuan terkait sasaran dan tujuan dari Kampung KB. Dimana manfaatnya langsung dirasakan masyarakat.

“ Kami sangat berterima kasih dengan dibentuknya Kampung KB ini. Sebab ini merupakan salah satu wujud dari peran masyarakat Tumalehu Barat dalam mensukseskan program pemerintah. Selain itu sasaran dan tujuan dari Kampung KB memiliki dampak positif yang bermuara pada kesejahteraan masyarakat “, Ujarnya.

Kegiatan tersebut diikuti oleh 85 peserta serta menghadirkan empat pemateri yakni dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindunga Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Umar Sangadji, Kepala KUA Kepulauan Manipa, La Adu Ode, Guru SMA Negeri 2 Tumalehu Barat, Yuheriadi serta Penjabat Negeri setempat, Yusnita Tiakoly.

Advertisement

Gempa terkini di Indonesia

More in SBB