Connect with us

Ambon

JMSI Maluku Gelar Rakerda I Tahun 2021

Rakerda I JMSI Maluku Tahun 2021. Minggu, 04/07/2021. | Foto: Istimewa

Laporan: Ekspresi Maluku

SALAHUTU, EKSPRESIMALUKU.com – Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Maluku menggelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda) I Tahun 2021 yang digelar di Pantai Wisata Natsepa, Desa Suli, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, Minggu, 04/07/2021.

Rakerda pertama itu dibuka oleh Sekretaris Jendral (Sekjen) JMSI pusat, Mahmud Marhaba serta diikuti oleh perwakilan perusahan pers yang tergabung dalam JMSI Maluku

Sekjen JMSI Mahmud Marhaba dalam sambutannya mengatakan, seiring berkembangnya jaman membuat teknologi Informasi semakin cepat diakses.

“Peran media siber saat ini menjadi garda terdepan dan tercepat dalam menyampaikan informasi. Maka kualitas kemitraan terhadap media siber dan entitas perusahaan pers yang bergerak di media siber harus terus ditingkatkan,”ungkapnya.

Media selaku elemen penyeimbang, dapat terus meningkatkan kualitas dan kapasitasnya. Hal ini diperlukan agar masyarakat mendapat akses informasi yang lengkap, akurat dan cepat terhadap kerja-kerja pemerintah dalam pembangunan daerah sekaligus sebagai kontrol masyarakat.

“Tentunya, kualitas media harus didasarkan pada fakta dan data yang akurat, agar informasi yang disampaikan ke publik dapat dipertanggungjawabkan,”ingatnya.

Marhaba juga menginginkan Rapat Kerja Daerah JMSI Maluku tahun 2021 dapat menghasilan gagasan dan ide yang kontruktif yang nantinya dapat bersinergi dengan berbagai program yang disusun.

Ditempat yang sama, Ketua JMSI Maluku, Dino Umahuk dalam arahannya menyampaikan bahwa, pemberitaan yang sehat tentunya sangat dipengaruhi oleh media yang sehat.

“JMSI Maluku dapat tumbuh menjadi organisasi perusahaan media yang berkontribusi positif bagi pembangunan ekosistem pers yang sehat dan profesional, dan menjadi bagian dari proses pembangunan di Maluku umumnya,” jelas Umahuk.

Sekretaris JMSI Maluku, Ongki Anakoda menambahkan, kegiatan Rakerda pertama yang dilakukan dalam rangka merumuskan program kegiatan, guna menjawab perubahan dan tantangan media siber kedepannya.

“Program yang disahkan di antaranya, penguatan pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) untuk para pemimpin redaksi dan anggota JMSI Maluku. Selain itu, penguatan kapasitas dan jaringan organisasi dan pemberdayaan keanggotaan,” sebut Anakoda.

Program kerja yang telah diputuskan dalam Rakerda tersebut diharapkan dapat tercapai sesuai dengan target yang telah dijadwalkan.

Peserta Rakerda I JMSI tahun 2021 terdiri dari pemilik perusahaan pers yang tergabung dalam organisasi JMSI Maluku Yakni, kabartimurnews.com, beritakotaambon.com, malukupost.com, porostimur.com, intimnews.com, titastory.id, wartamaluku.com, suaranusaina.id, pelagandong.com, malukuexpress.com, demokrasimaluku.com, suwaratimur.com, ekpresimaluku.com, pelitamaluku.com, marinyonews.com, ambontoday.com. (JMSI/*).

Advertisement

Gempa terkini di Indonesia

More in Ambon