Connect with us

SBB

Jaring Aspirasi Masyarakat, Negeri Tumalehu Barat Gelar Pra Musrenbang

Foto:Ekspresi Maluku

Laporan:Fatah

KEP.MANIPA,EKSPRESIMALUKU.com – Guna menentukan arah pembangunan Desa/Negeri, tidak hanya dijalankan oleh Pemerintahannya. Namun, seluruh kebijakan yang diambil tidak lain untuk kepentingan bersama. Dengan demikian, pembangunan dapat berjalan dengan maksimal.

Atas dasar itulah setiap Desa/Negeri dalam melaksanakan pembangunan harus melalui Pra Musrenbang Desa sebagai langkah menjaring setiap keluhan, saran serta usulan dari masyarakat bawah. Seperti yang dilaksanakan Negeri Tumalehu Barat, Kecamatan Kepulauan Manipa, Kabupaten Seram Bagian Barat.

“ Ini yang mesti dilakukan oleh pemerintahan di Negeri Tumalehu Barat. Mendatangi masyarakat dan mendengarkan serta menampung aspirasi. Sehingga yang Kita inginkan dapat dibijaki untuk kemajuan Negeri ini ke depan “, Ungkap salah seorang warga Amira Kalauw usai Pra Musrenbang di komplek Pikaraja. Kamis, (04/10/2018).

Pra Musrenbang: BPD dan Pemerintah Negeri Tumalehu Barat, Kec. Kepulauan Manipa, Kab. Seram Bagain Barat, jaring aspirasi masyarakat. | Fotoby: EM

Hal senada disampaikan anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Negeri Tumalehu Barat, Mahmud Makassar. Menurutnya, menjaring aspirasi melalui Pra Musrenbang yang dilakukan penting dilaksanakan. Sehingga diharapkan, aspirasi yang diterima menjadi rujukan dalam Musrenbang nanti.

“ Pra Musrenbang ini sebagai langkah BPD dan pemerintah Negeri Tumalehu Barat menjaring aspirasi masyarakat. Pra musrenbang ini dilakukan secara bertahap pada 4 kompleks di Tumalehu Barat.  Sehingga keluhan serta masukan masyarakat dapat diserap dan diperjuangkan dalam Musrenbang demi kemaslahatan bersama “, Tandas Makassar.

Husni Nusahuhu, anggota BPD lainnya usai Pra Musrenbang di komplek Yongkor, kepada EKSPRESI MALUKU menambahkan, Pra Musrenbang yang dilakukan sebagai wujud partisipasi masyarakat dalam pembangunan Desa bersama pemerintah dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

“ Berbagai masukan serta usulan masyarakat Negeri Tumalehu Barat ini menjadi point penting dalam menyerap aspirasi warga serta rujukan dalam pembahasan Musrenbang dalam waktu dekat. Apa yang menjadi prioritas warga akan menjadi tanggung jawab untuk semata-mata memajukan Negeri Tumalehu Barat,” Tututp Nusahuhu.

Advertisement

Gempa terkini di Indonesia

More in SBB