Connect with us

Ambon

HMJ – Biologi IAIN Ambon Gelar Expo Bioma 2015.

Ekspresi Maluku.com, Ambon – Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Biologi, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon, bekerjasama dengan Pemerintah Kota Ambon dan Dinas Pendidikan dan Olahraga Provinsi Maluku akan menyelenggarakan ajang Expo Bioma 2015 yang dipusatkan di kampus hijau tersebut.

Koordinator kegiatan, Fahrul Rozi Fakaubun, S.Pd yang di temui Ekspresi Maluku di gedung laboratorium MIPA IAIN Ambon, Jumat (20/02/2015) mengatakan, kegiatan Expo Bioma merupakan ajang pencarian bakat yang lebih spesifik ke mata pelajaran biologi. “ Expo Bioma ini, merupakan ajang untuk melatih siswa dan mahasiswa dalam membina bakat yang spesifikasinya lebih kepada mata pelajaran biologi”, tandasnya.

iain1Menurutnya, lomba dalam ajang Expo Bioma bervariasi antara lain : Lomba Cerdas Cermat Biologi dan Sains (SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK), Debat Ilmiah (SMA dan Mahasiswa), Lomba Karya Tulis Ilmiah Sains (SMA dan Mahasiswa), Lomba Kreasi Daur Ulang Sampah (SMP, SMA dan Mahasiswa), Pentas Seni (Umum), Lomba Mading (SMA), Tilawah Alqur’an (Anak-anak, Remaja, Dewasa), Syarhil Qur’an (SMA dan Mahasiswa), Fahmil Qur’an (SMA/MA), Festival Seni Qasidah (Umum), Fashion Show Hijab (Umum). Kegiatan tersebut akan berlansung selama dua hari, tanggal 25 hingga 26 Februari 2015 yang akan di ikuti oleh siswa/siswi dan mahasiswa se-Provinsi Maluku. “ Expo Bioma ini, akan di ikuti oleh siswa/siswi se-Provinsi Maluku antara lain, SBB, Maluku Tengah dan Kota Ambon”, ucapnya. Lanjutnya, kegiatan tersebut bertujuan untuk menambah dan memotifasi pelajar di Maluku. Sebab menurut Fakaubun, pendidikan di Provinsi Maluku masuk dalam urutan ke 32 di Indonesia yang masih tertinggal. Olehnya itu, Expo Bioma merupakan salah satu cara memotifasi siswa maupun mahasiswa untuk belajar. Sementara itu Ketua Jurusan Pendidikan Biologi IAIN Ambon, Cornelia Pary, M.Pd kepada ekspresimaluku.com mengatakan , Kegiatan Expo Bioma merupakan kegiatan HMJ Biologi yang bekerjasama dengan Jurusan dan menjadi agenda tahunan. “ Kegiatan Expo Bioma merupakan kegiatan tahunan yang sudah berlansung dari tahun 2012 dan pada tahun ini sudah masuk tahun ketiga”, jelasnya. Menurut Pary, kegiatan tersebut akan berlansung setiap tahun sebab program Expo Bioma telah diusulkan sebagai progam fakultas. Selain memotifasi siswa, kegiatan tersebut bertujuan untuk mempromosikan IAIN Ambon di seluruh Provinsi Maluku. “Dengan adanya program ini, turut membantu mempromosikan kampus IAIN Ambon di masyarakat agar mereka mengetahui bahwa di kampus ini bukan saja belajar agama tetapi ilmu pengetahuan umum juga didapat” tuturnya. Pary berharap, kegiatan Expo Bioma dapat meningkatkan kreaktifitas siswa dan mahasiswa dalam keilmuan. Terlebihnya pada mata lomba yang dilombakan. (EM-Dewa).


ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement

Gempa terkini di Indonesia

More in Ambon