Connect with us

Ambon

Hitung Cepat, PAPARISA BARU Unggul atas PANTAS

AMBON,EKSPRESIMALUKU.com – Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak jilid II di Kota Ambon telah berakhir. Perhelatan Pilkada di kota Ambon dimenangkan  Pasangan Richard Louhenapessy-Syarif Hadler (PAPARISA BARU) dan berhasil ungguli Paulus Kastanya-Sam Latuconsina (PANTAS) yang diusung  delapan partai koalisi dan satu pendukung. Hasil Quick Count (QC) yang direlease  Konsultan Citra Indonesia (KCI) 15 Februari 2017  menempatkan pasangan PAPARISA BARU pada posisi 53,34 persen sedangkan PANTAS hanya mampu meraup 46,66 persen suara dengan selisih angka 7 persen.

 Peneliti KCI Muhammad Fajar mengatakan, dalam pemilihan yang diselenggarakan, terdeteksi tingkat partisipasi masyarakat berkisar 63,75 persen.

“Jadi angka partisipasi masyarakat yang memilih hanya sekitar 63,75 persen sementara kita merelease kemenangan PAPARISA BARU dengan posisi 53,34 persen dan PANTAS 46,66 persen,”Ujar Fajar.

 Sementara itu, hasil real count sementara yang diperoleh media ini di Kantor Kecamatan Sirimau selaku basis masyarakat terbesar di Kota Ambon juga menunjukan kemenangan PAPARISA BARU. Pasangan caleg kondang ini berhasil mengantongi suara terbanyak di Kelurahan Batumerah yang memiliki jumlah TPS terbanyak di Kota Ambon. Dari data yang peroleh pada kelurahan Batumerah pasangan PAPARISA BARU berhasil mendapat 7.438 suara sedangkan PANTAS yang mengklaim kemenangan di daerah tersebut hanya mampu memperoleh 5.252 suara.

Lain halnya pada Kelurahan Batu Gajah. Pasangan PANTAS mampu meraih 1.300 suara sementara PAPARISA BARU berhasil unggul dengan peroleh 2095 suara. Di Kelurahan Batumeja, Pasangan PAPARISA BARU unggul dengan 2.376 suara sementara PANTAS hanya mampu mendapatkan 1.601 suara, Untuk Kelurahan Karang Panjang, Pasangan PAPARISA BARU mendulang 1.903 suara sedangkan PANTAS hanya mampu meraih 1114 suara.

Kemenangan tersebut pun di tunjukkan pada kantong wilayah Kelurahan Pandan Kasturi yang menempatkan PAPARISA BARU pada posisi 645 suara dan PANTAS 298 suara. Untuk wilayah Hative Kecil PAPARISA BARU meraih 836 suara dan PANTAS 749 suara. Untuk Kelurahan Galala PAPARISA sapu bersih suara dengan kejayaan 574 suara dan PANTAS 270 suara. Pada Kelurahan Uritetu, PAPARISA BARU mendulang 202 suara dan PANTAS 114 suara.

Sementara itu pada Kelurahan Honipopu, pasangan yang diusung oleh tiga parpol itu harus menerima kekalahan dengan angka selisih yang tidak terlalu jauh yakni 673 suara dan PANTAS tertinggi dengan perolehan 817 suara. Selain itu, pasangan PAPARISA BARU juga mengantongi suara terbanyak di basis Kecamatan Nusaniwe, Baguala dan Leitimur Selatan, kendati demikian hasil perhitungan cepat yang dilaksanakan oleh KCI dipastikan tidak akan meleset dengan margin of error sebesar 1 persen. ( EM-ADN)

Advertisement

Gempa terkini di Indonesia

More in Ambon