Connect with us

Ambon

Hindari Pungli, SMK-M Sambut UNBK Dengan Pemantapan

AMBON_EKSPRESIMALUKU.com- Menghindar dari Pungutan Liar (Pungli),  Sekolah Menengah Kejuruan (SMK-M) Muhammadiyah Wara menerapkan pemantapan  siswa dalam menyambut Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang akan berlansung April mendatang, sesuai  jadwal belajar yang sudah ditentukan. Hal ini disampaikan Kepsek SMK-Muhammadiyah, Ambon, Yasmin Kamsurya, M.Pd, kepada wartawan Ekspresi Maluku diruang kerjanya, Sabtu (21/01/2017)

“ Pemantapan dilaksanakan guna mempersiapkan siswa sambut UN juga bertujuan hingga tidak terjadi pungutan biaya atau pungutan liar,”Ujarnya.
Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada April mendatang, merupakan salah satu tuntutan kegiatan yang diwajibkan, tapi penyediaan infrastruktur pelaksanaan harus disiapkan oleh pihak sekolah itu sendiri.

Menurut Kamsurya bagi SMK saat ini, sesungguhnya dan lebih khusus SMK-Muhammadiyah, pelaksanaan UN Berbasis Komputer merupakan satu tuntutan yang diwajibkan, tapi penyediaan infrastruktur pelaksanaan harus disiapkan pihak sekolah. 

“Mau tidak mau UNBK merupakan satu kemestian yang tidak bisa dihindari, prinsipnya harus dipenuhi, bagaimana caranya itu berpulang kepada strategi sekolah itu sendiri,” Ungkapnya.
Kesiapan berupa pemantapan  meliputi pemantapan mentalitas terhadap siswa/siswi melalui jam belajar sesuai jadwal yang sudah ditentukan.

“ Pemantapan yang sengaja dilaksanakan oleh pihak sekolah sesuai dengan jadwal belajar siswa, salah satunya bertujuan untuk menghindar  pungutan biaya terhadap siswa, hal ini bermaksud untuk menghindar dari tindakan pungutan liar,” Ujarnya.
Ditambahkannya, Siswa yang sudah mengikuti proses pemantapan dalam menyambut Ujian Nasional nanti mencapai 64 siswa  dan dari 64 siswa tersebut terdiri dari tiga jurusan yang ada pada SMK-M  yakni jurusan Teknik Komputer Jaringan (TKJ), Listrik dan Akuntansi.

Selain itu disampaikan Kepsek bahwa keberhasilan siswa dalam proses UNBK  nanti diharapkan adanya partisipasi orang tua murid.

“ Siswa-siswi yang sudah mengikuti pemantapan dalam menyambut UNBK diharapkan untuk fokus dan serius sehingga masa depan mereka bisa diraih sebagaimana mestinya,” Ungkap Kamsurya.(EM_Amhet)

Advertisement

Gempa terkini di Indonesia

More in Ambon