Connect with us

Ragam

Gubernur: Proyek Trans Maluku Masuk Prioritas RPJMN 2020-2024

Gubernur Maluku, Murad Ismail Ditemani Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi Berjalan Memasuki Instana Negara. Turut Mendampingi Gubernur Maluku, Kepala Bappeda, Jalaludin Salampessy. | Foto:Humas Maluku.

Laporan:Ekspresi Maluku

JAKARTA,EKSPRESIMALUKU.com – Gubernur Maluku, Murad Ismail, turut serta menghadiri acara Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Nasional Rancangan RPJMN tahun 2020-2024 yang digelar di Istana Negara, Jakarta. Senin, 16/12/2019.

Agenda resmi tersebut, turut dihadiri Ketua MPR RI, DPR RI, DPD RI, BPK, MA, MK, KY, Gubernur BI, para Menteri, Kepala Lembaga Pemerintah Non Kementerian(LPNK), Kementerian PPN/Bappenas, serta para Gubernur dan Bupati/Walikota se-Indonesia.

Momen perdananya menghadiri Musrenbang Nasional, prioritas Gubernur Maluku, Murad Ismail ialah mendorong dan memastikan proyek strategis guna percepatan dan pembangunan Maluku untuk kemudian masuk dalam RPJMN tahun 2020 – 2024.

“ Fokus dan prioritas yang masuk dalam RPJMN 2020 – 2024 adalah mengintegrasikan tiga moda perhubungan yakni darat, laut dan udara sehingga sebagai Trans Maluku “, Kata Murad usai mengikuti Musrenbang Nasional.

Menurutnya, infrastruktur masih menjadi isu penting di Maluku. Dengannya harus menjadi perhatian pemerintah pusat. Perhubungan darat misalnya. Sehingga usulan yang diajukan Pemprov Maluku ke Pemerintah Pusat adalah Trans Maluku.

Paket proyek strategis yang sudah diakomodir dalam rancangan RPJMN 2020-2024 dari Trans Maluku ini adalah pembangunan dan kelanjutan dari Jalan Lintas Seram, Jalan Trans Pulai Kei Besar, Jalan Trans Pulau Wetar, Jalan Trans Pulau Moa, Jalan Trans Pulau Buru, dan Jalan Trans Kepulauan Aru.

Sedangkan proyek strategis lain yang turut diperjuangkan masuk RPJMN 2020-2024 yaitu, revitalisasi pelabuhan Yos Soedarso sebagai pusat bisnis, dan pengembangan pelabuhan laut dan udara di sejumlah kabupaten.

“ Kita sudah mendapat bantuan kapal Ferry dari Kementerian Perhubungan RI. Sementara ini pula dalam tahap pengusulan untuk penambahan armada. Sehingga semua wilayah terhubung “, Terang Murad. (**)

Advertisement

Gempa terkini di Indonesia

More in Ragam