Connect with us

Ambon

Gubernur : Maluku Fokus Sektor Kesehatan, Pendidikan dan Pariwisata

Laporan : Ekspresi

AMBON,EKSPRESIMALUKU.com – Gubernur Maluku Said Assagaff menyampaikan, ke depan Maluku akan fokus pada pengembangan sektor Kesehatan, Pendidikan dan Pariwisata. Hal ini disampaikan saat  memberikan sambutan dalam acara Penyerahan Dokter Lulusan Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Pattimura (Unpatti) Angkatan I, dari Pemerintah Provinsi Maluku kepada Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara, berlangsung di Kantor Gubernur Maluku, Senin (17/7/2017).

Dia menyebut, kehadiran Fakultas Kedokteran di Unpatti, merupakan salah satu faktor penunjang sektor kesehatan di daerah ini.

“Karena itu, saya siap jika ada yang mau ambil S2, kita siapkan anggarannya,” ujarnya. Assagaff mengaku, sangat bangga, saat dirinya menjadi Gubernur, Fakultas Kedokteran hadir di Maluku, tepatnya di Universitas Pattimura Ambon.

Menurut Assagaff, kebutuhan tenaga dokter di Maluku besar sekali. Dari catatan yang ada, mestinya setiap 100.000 penduduk harus bisa dilayani oleh 40 tenaga dokter umum. Tapi di Maluku, baru 12 dokter umum melayani 100.000 penduduk. Oleh karena itu, dia berharap lahir banyak dokter dari Fakultas Kedokteran Unpatti. Sebab dengan kehadiran Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) di kawasan Poka – Rumah Tiga Ambon, serta Rumah Sakit Siloam di kawasan Tantui Ambon, diyakininya, tenaga dokter akan banyak sekali dibutuhkan.

“Kemarin rapat dengan Menteri Kesehatan, saya minta supaya RSUP type A, tapi beliau bilang Pak Gubernur, type A itu agak sulit untuk Maluku karena dibutuhkan puluhan dokter spesialis,” Tuturnya.

Karena itu menurut Assagaff, kita memulainya dengan type B dulu, tapi area yang sidah disiapkan itu untuk type A nantinya. Sehingga 10 atau 20 tahun kemudian, untuk ikut perkembangan, kita tidak sulit lagi.

Pada kesempatan tersebut, Assagaff memberikan apresiasinya kepada Bupati Maluku Tenggara, Anderias Rentanubun, yang pertama kali meminta para dokter lulusan dari Fakultas Kedokteran Unpatti, untuk bertugas di sana.

“Saya berharap, para bupati dan walikota lainnya di Provinsi Maluku, bisa mengikuti jejak Bupati Maluku Tenggara ini,” tandasnya.(EM/*)

Advertisement

Gempa terkini di Indonesia

More in Ambon