Connect with us

Ambon

Gubernur Kukuhkan Paskibraka Provinsi Maluku

 AMBON,EKSORESIMALUKU.com-Gubernur Maluku Said mengukuhkan 54 anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Provinsi Maluku di Lantai VII Kantor Gubernur Maluku, Selasa (15/8/2017).

Paskibraka provinsi yang merupakan siswa-siswi terpilih perwakilan  11 kabupaten/kota se Maluku ini akan bertugas mengibarkan dan menurunkan Bendera Merah Putih pada upacara HUT Kemerdekaan RI ke 72 di Lapangan Merdeka Ambon, pada 17 Agustus 2017 .

Sebelum dikukuhkan, dihadapan gubernur seorang anggota Paskibraka putri secara simbolis memegang bendera merah yang dibawa seorang Paskibraka putra. Bendera merah putih dipegang di tangan kanan dan ikrar putra – putri Indonesia pun dilakukan seluruh anggota Paskibraka dengan tangan kanan di dada. Pengukuhan berlangsung khidmat.

Suasana haru terjadi saat 54 anggota Paskibraka Maluku ini satu persatu mencium bendera merah putih yang dibawa seorang paskibara putra. Anggota Paskibraka Maluku ini sejak sebulan lalu dikarantina dan dilatih aparat TNI dan kakak senior mereka.

Gubernur menyatakan, pengukuhan 54 anggota Paskibraka ini merupakan pemberian amanah dari pemerintah dan masyarakat Maluku untuk menjalankan tugasnya pada upacara HUT RI ke 72 pada Kamis 17 Agustus 2017 nanti. Karena itu, anggota Paskibraka harus mampu menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya pada upacara kenaikan dan penurunan bendera merah putih.

Gubernur Assagaff juga menyatakan, pengukuhan ini sebagai bentuk penganugrahan tanggungjawab dari bangsa dan negara kepada anggota Paskibraka agar siap siaga menjaga NKRI.

“Tidak semua anak-anak seusia kalian yang bisa menjadi anggota Paskibraka, saya yakin anak-anakku mampu melaksanakan tugas dengan baik saat HUT RI nanti,” tutur gubernur.

Pengukuhan ini dihadiri Pangdam 16 Pattimura Mayjen TNI Doni Monardo, perwakilan dari Polda Maluku, Lantamal IX Ambon, Lanud Pattimura, Wakil Walikota Ambon Syarif Hadler dan pejabat Pemprov Maluku lainnya. Selain itu hadir pula Purna Paskibraka Maluku. Usai pengukuhan, Gubernur dan Muspida Maluku berjabat tangan menyampaikan selamat dan foto bersama 54 anggota Paskibraka itu.

Advertisement

Gempa terkini di Indonesia

More in Ambon