Connect with us

SBB

Gubernur : Pembangunan Masjid Agung dan Gereja yang Tertunda Dapat Dianggarkan

PIRU,EKSPRESIMALUKU.com – Gubernur Maluku, Said Assagaff, mengingatkan agar pembangunan masjid Agung dan gereja di kota Piru Kabupaten  Seram Bagian Barat (SBB), agar kembali dianggarkan.  “Setiap perhelatan MTQ dan Pesparawi sejatinya dapat meninggalkan tanda mata sebagai bentuk jejak peradaban”, pintanya, saat membuka Musabaqah Tilawatil Qur’an  (MTQ) Ke – XVI  Tingkat Provinsi Maluku, Sabtu, (16/05/2015).
Menurut Gubernur, banyak cerita serta even bertaraf Nasional yang sudah kita capai dalam percepatan pembangunan perdamaian  di daerah raja-raja ini. Banyak orang kagum. Ini merupakan bukti nyata telah terbangunnya  persaudaraan sejati di daerah Maluku.
Gubernur juga mengapreasiasi masyarakat dari Wari, Wa’a, Alune, Huemale, dari ujung  Tala, Eti hingga Sapalewa, yang bersatu padu mendukung MTQ di bumi Saka Mese Nusa. “Kami berharap, penyelenggaraan MTQ dapat meninggalkan jejak-jejak peradaban demi pembangunan Maluku yang lebh maju dan berkualitas,” pungkasnya.
Dalam sambutannya, Gubernur mengajak  para  Kafilah kabupaten dan Kota se-Maluku yang akan bermusabaqah pada MTQ  untuk dapat menciptakan  kerukunan antar umat beragama yang religius, sejahtera dan berkeadaban serta menjadikan Maluku sebagai laboratorium kerukunan  umat  beragama di Indonesia bahkan  di dunia.

 

MTQ Telah Mendarah Daging

Sementara itu, Bupati Kabupaten SBB, Jacobus Puttileihalat, dalam sambutannya menjelaskan momentum MTQ telah mendarah daging  dalam kehidupan umat Islam di Indonesia  bahkan telah menjadi agenda Nasional yang dilaksanakan dari Tingkat Kecamatan, Kabupaten/Kota,  Propinsi, Nasional bahkan Internasional .
Semarak diselenggarakan berbagai mata lomba dari berbagai tingkatan tersebut bertujuan untuk menyiarkan Kalam Allah  yang suci sebagai  mukjizat Nabi Muhammad  untuk  menjadi  pegangan dan pedoman umat manusia agar selamat hidup di dunia dan akhirat kelak.
Dengan tema MTQ ke XXVI Tingkat Provinsi, Kabupaten SBB, “ Aktulialisasi Nilai-Nilai Al-Quran Dalam Mengembangkan  Persaudaraan Sejati Masyarakat Maluku  Yang Aman, Religius, Sejahtera, Demokrasi dan Berkeadaban “, diharapkan mampu dan dapat dimaknai menuju Maluku yang lebih baik.
Pembukaan MTQ XXVI di tandai dengan penekanan tombol sirine oleh Gubernur Maluku, Wakil Gubernur, Sekda Maluku, Bupati dan Wakil Bupati SBB. Selain itu, peluncuran kembang api dan penampilan cahaya di panggung utama yang dirangkaikan dalam sejarah masuknya Islam di bumi Saka Mese Nusa, mewarnai dan menyemarakan malam pembukaan MTQ.
Kegiatan ini juga dihadiri para Bupati, WaliKota se-Maluku, Ketua DPRD, Kakanwil Agama,  Ketua LPTQ se-Maluku, para Pemuka Agama,  tokoh Adat, tokoh masyarakat  dan para Kafilah dari 11 Kabupaten/Kota se-Maluku,. (EM-Tim).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement

Gempa terkini di Indonesia

More in SBB