Connect with us

Kec. Banda

Festival Budaya Banda Rajut Keberagaman dan Promosi Wisata

Foto:Humasprotokol Malteng

Laporan:Ekspresi Maluku

BANDA,EKSPRESIMALUKU.com – Festival Budaya Banda yang dibuka Bupati Maluku Tengah, Tuasikal Abua, di depan istana Mini Kota Banda menyedot perhatian ribuan warga baik lokal maupun mancanegara. Rabu, 07/11/2018.

Pesta tahunan rakyat tersebut, dimeriahkan dengan sejumlah kegiatan, diantaranya karnaval pakaian adat budaya banda, pameran sepeda hias, lomba pukul gong 9, lomba masak serba ikan dan non beras serta lomba hadrat.

Dan yang tak kala penting dan sering menyedot perhatian warga Banda maupun wisatawan mancanegara dalam iven festival budaya Banda adalah lomba “Belang” atau “Kora – Kora”.

Bupati Malteng, Abua Tuasikal mengatakan, lomba kora-kota menjadi agenda tetap Pemkab Malteng setiap tahun. Festival Budaya Banda dan Lomba Belang adalah salah satu upaya pemerintah dan semua komponen warga masyarakat Pulau Banda dalam mempromosikan adat dan budaya kepada dunia.

Dirinya berharap agar warga tetap menjunjung semangat sportifitas dalam festival budaya ini guna membangun kebersamaan orang basudara untuk meningkatkan pelestarian budaya Kabupaten Maluku Tengah terkhusus Pulau Banda.

Pantauan media ini, rfibuan warga Banda maupun wisatawan dalam dan luar negeri tumpah ruah menyaksikan lomba bergengsi bagi warga tersebut. Warga larut dalam kebersamaan dan sukacita bersama di puncak festival budaya yang digelar setiap bulan November itu.(*)

Advertisement

Gempa terkini di Indonesia

More in Kec. Banda