Connect with us

LOBIS

Durian di Bumi Pamahanu Nusa Rajai Musim Buah

Laporan : Ekspresi

MASOHI,EKSPRESIMALUKU.com -Musim buah durian atau dalam bahasa lokal disebut duriang telah merajai pesisir selatan, bumi tengah pulau Seram, bumi Pamahanu Nusa sejak Februari 2017 lalu.

Secara urutannya, musim buah berkulit duri, berisi manis dan lembut ini memang tengah memasuki musimnya. Apalagi ketika musim panen tiba, menjadi berkah tersendiri bagi petani atau pedagang durian di bumi Pamahanu.

Selain panenannya  cukup banyak, masyarakat Maluku umumnya termasuk penggemar buah yang nama latinnya Durio Zibethinus ini.

Buah durian di wilayah Maluku Tengah tidak hanya di jual di Ibu Kota Masohi, melainkan di jual keluar daerah Maluku Tengah yakni, Kota Ambon, Kairatu, Piru hingga ke Kota Tual, Maluku Tenggara.

Hasan Sanaky, salah satu pedagang buah musiman ini, mengatakan, datangnya musim duren membawa berkah sebab menambah penghasilannya bahkan bisa meraup untung 3 kali lipat dari kisaran.

” Setiap musim duriang beta bisa dapat untung 3 kali lipat dari harga biasa yang katong jual 1 ikat (enam buah). Kalau di Masohi harganya Rp. 50.000 sampe Rp. 60.000. Kalau jual keluar Masohi harga bisa 2 sampe 3 kali lipat,”  Ungkap warga asli siri sori, Saparua, Maluku Tengah tersebut dengan dialek daerah Maluku.

Lanjutnya, meski  bisa dibilang mahal harganya,  buah berduri ini hanya dipanen satu kali dalam setahun dan banyak diminati masyarakat.

Maka jangan kaget jika buah berduri ini kalau di ekspor keluar daerah di Maluku harganya berfariasi disebabkan jauh dari daerah asalnya.

Dari pantauan Ekspresi Maluku, Sabtu malam ( 22/4/2017) buah yang baunya menyengat hidung ini, bahkan menjadi raja di Kota Ambon. Selain membludak di sekitar kawasan pantai losari, pasar mardika hingga di kawasan pemukiman warga seperti di kebun cengkih .  Tak perlu repot bagi yang malas keluar rumah bahkan sudah dijual keliling di pemukiman warga .

Di Maluku Tengah, saat ini pemasok durian terbanyak adalah  dari pesisir seram selatan seperti Desa Tamilouw, Sepa, Haya, Tehoru bahkan sampai ke daerah Teluti.

Disarankan, bagi anda yang hobi makan buah durian sebaiknya datang langsung ke daerahnya. Selain harganya murah, anda pun dapat menikmati duren langsung di bawah pohon sambil berselfi ria sambil menikmati liburan akhir pekan. (EM- FS)

 

Advertisement

Gempa terkini di Indonesia

More in LOBIS