Connect with us

Ambon

DPW LASQI Maluku Gelar Festival Qasidah Tingkat Provinsi

AMBON,EKSPRESIMALUKU.com – Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Lembaga Seni Qasidah Indonesia (LASQI) Maluku laksanakan Festival Seni Qasidah Tingkat Provinsi selain di persiapkan ke tingkat nasional, juga sebagai kegiatan dalam memotivasi generasi muda Islam dan pembinaan karakter .
“ Penyelenggaraan LASQI Tingkat Provinsi ini kita lakukan untuk mencari bibit generasi muda yang memiliki bakat dibidang seni qasidah yang disiapkan mengikuti LASQI Tingkat Nasional di Kendari, 11 – 19 November mendatang,” Ungkap Sekretaris Umum DPW LASQI Maluku, Drs. A.H. Muhammad, M.Si, saat hari kedua pelaksanaan kegiatan Festival Qasidah di Islamic Centre Ambon, Sabtu (31/10/2015)

Kepada EKSPRESIMALUKU.com, pria yang akrab disapa Pak Aji ini menyampaikan bahwa LASQI Maluku sebagai wadah pengembangan syiar dalam membina generasi muda Islam melalui lantunan music, guna melestarikan seni budaya qasidah sebagai warisan religius. “Menyampaikan pesan moral melalui seni qasidah agar dapat membentuk karakter”Ungkapnya. Disamping seni, prestasi, tentunya yang menjadi harapan ialah, adanya muatan pembinaan generasi muda dan masyarakat pada umumnya, Kata Muhammad.

Sementara itu saat disinggung mengenai minimnya seni qasidah di Maluku, Muhammad mengakui, kendala utama yang dihadapi adalah letak geografis Provinsi Maluku. Pasalnya peserta tersebar sampai ke pelosok bumi raja – raja ini. Dengan demikian butuh tenaga, biaya dan sebagainya.
“ Ada fungsi DPW, DPD sampai pada Ranting, Kecamatan dan Desa. Kita hanya melaksanakan momentum dalam pelaksanaan serta keikutsertaan peserta pada even nasional. Sementara pembinaan ada pada DPD, sebab mereka yang memiliki peserta. Nantinya, hasil seleksi baru kita dibina lewat DPW “, Pungkas Muhammad.
Festival Seni Qasidah Tingkat Provinsi Maluku Tahun 2015 yang dilaksanakan 30 Oktober hingga 1 November tersebut, hanya diikuti oleh beberapa Kabupaten di Maluku yakni, Seram Bagian Barat ( SBB ), Seram Bagian Timur ( SBT), Maluku Tengah ( Malteng ), Buru Selatan    (Bursel ), Buru, Maluku Tenggara ( Malra ) dan Kota Ambon. (EM-Fatah).

Advertisement

Gempa terkini di Indonesia

More in Ambon