Connect with us

Ambon

DPRD Kota Ambon Bakal Bahas Proyek Jembatan Penyeberangan Orang Orang

AMBON,ESKPRESIMALUKU.com-Komisi III DPRD Kota Ambon dipastikan akan melakukan pembahasan terkait proyek pembangunan Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) yang akan dibangun oleh pihak Maluku City Mall (MCM). Kepada wartawan di Balleo Rakyat Belakang Soya Ambon, Anggota Komisi III Leonora Far-Far mengatakan komisi telah mengagendakan pembahasan pembangunan proyek tersebut.”Untuk proyek JPO yang akan dibangun oleh pihak MCM, maka seharusnya komisi berencana melakukan rapat bersama  (1/9/2016), namun lantaran bertabrakan dengan kegiatan pemerintah Kota Ambon menjelang HUT ke 441 ini maka atas ijin pimpinan rapat dimaksud tertunda hingga besok, “Ujar Far-Far, Kamis (1/9/2016).

Dia menjelaskan, dalam rapat tersebut pihak eksekutif yang berkepentingan misalnya Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Tata Kota, Dinas Perhubungan dan pihak MCM untuk meminta penjelasan soal rencana pembangunan tersebut,”jelas Politisi PDI-Perjuangan ini. Pemerintah Kota Ambon akan membangun jembatan penyeberangan di 2 titik di Kota Ambon yang merupakan pusat keramaian tepatnya di Maluku City Mall dan Ambon City Center di tahun 2016.

“Pemkot Ambon sudah merencanakan untuk membangun jembatan penyeberangan di dua areal mall tersebut sehingga dapat mengurangi angka kemacetan di Kota Ambon. Untuk rencana pembangunan jembatan penyeberangan dibutuhkan dana sebesar Rp3miliar lebih,” kata , Kepala Dinas Perhubungan Kota Ambon, Piet Saimima Kepada pers di gedung DPRD Kota Ambon. Dijelaskan sumber dana untuk pembangunan jembatan penyeberangan berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negera (APBN) maupun APBD.

Dia memastikan saat ini desain gambar untuk jembatan penyeberangan tersebut sudah ada, Hanya saja Dishub Kota harus membangun koordinasi dengan Dishub Provinsi karena bagaimanapun perencanaan pembangunan harus diusulkan ke kementerian perhubungan karena itu harus juga melalui persetujuan dari Dishub Provinsi.

“Sudah ada pembicaraan menyangkut rencana pembangunan jembatan penyeberangan tersebut hanya saja koordinasi rutin harus dibangun oleh Dishub baik Kota maupun Provinsi sehingga semuanya dapat berjalan dengan baik maka dapat mengurangi angka kemacetan di wilayah kota Ambon,”katanya. (EM-ADN )

Advertisement

Gempa terkini di Indonesia

More in Ambon