Connect with us

Kec. Kota Masohi

DISHUB Malteng Benarkan Adanya Retribusi Tambat Labuh di Pelabuhan Rakyat Tohoku

Laporan:Fatah

MASOHI,EKSPRESIMALUKU.com – Kepala Bagian Transportasi Umum, Kabupaten Maluku Tengah, Efendi Latuconsina membenarkan, adanya pungutan pajak retribusi pajak sebesar Rp.2000 bagi setiap penumpang yang melakukan pelayaran dari pelabuhan rakyat Tohoku, Desa Hila, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah.

Hal itu dilakukan Dinas Perhubungan (Dishub) menyusul telah dikeluarkannya Peraturan Bupati (Perbup) Maluku Tengah Nomor 13 tahun 2018 tentang penyesuaian tarif distribusi pelayanan kepelabuhanan dan telah diberlakukan sejak Januari 2019 lalu.

“ Iya benar, pajak retribusi itu telah berlaku sesuai dengan Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 13 tahun 2018 tertanggal 03 Maret 2018 dan baru di berlakukan sejak bulan Januari kemarin dan berlaku untuk sekali jalan. Dalam Perbup juga mengatur tentang tarif tambat labuh “, Jelas Latuconsina yang ditemui diruang kerjanya, Selas, 05/03/2019.

Diejaskan, untuk speeedboat 1-3 GT, tambat labuh yang harus dibayar ialah Rp. 5000. 4-7 GT dibebankan Rp. 16.000 dan lebih dari 7 GT retribusinya sebesar Rp. 25.000. Ketentuan tersebut telah dikeluarkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maluku Tengah. Hal ini pun telah dikoordinasikan dengan Pemprov Maluku di Ambon.

“ Kami harapkan hal ini juga dapat disosialisasikan oleh petugas di lapangan maupun pelaksana tugas pada masing-masing sarana dan prasarana di wilayah Maluku Tengah. Sehingga masyarakat tidak binggung dan memahami kebijakan yang telah dikeluarkan oleh pemerintah “, Ingatnya.

Terkait dengan jurusan Seram Bagian Barat (SBB) yang berlabuh di pelabuhan Tohoku, Desa Hila, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah, retribusi tetap diberlakukan sesuai dengan Tambat Labuh yang masuk di wilayah Kabupaten Maluku Tengah.

Advertisement

Gempa terkini di Indonesia

More in Kec. Kota Masohi