Connect with us

Kec. Kota Masohi

Dinas Dikbud Malteng Laksanakan Keputusan Nadiem Makarim Soal UN Terakhir

Foto:Istimewa

Laporan:Ekspresi Maluku

MASOHI,EKSPRESIMALUKU.com – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) mulai terapkan keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim, soal perubahan mekanisme  Ujian  Nasional (UN)  tahun ini dan rencana penghapusan UN diganti dengan asesmen dan survei karakter yang akan berlaku tahun 2021.

Dan tahun ini adalah tahun terakhir pelaksanaan UN. Selain itu keputusan Nadiem soal sekolah yang menentukan kelulusan siswa di UN 2020 juga jadi atensi Dinas Dikbud Malteng.

“ Tahun ini adalah tahun terakhir pelaksana UN. Tahun ini sekolah memiliki kewenangan penuh menentukan kelulusan siswanya “, Ujar Kadis Dikbud Malteng Askam Tuasikal, di sela sosialisasi UN yang diikuti seluruh kepala sekolah dan guru di Malteng berlangsung di Gedung Mae Oku Masohi, Senin, 17/02/2020.

Olehnya itu kata Askam, dalam sosialisasi tersebut selain bertujuan memastikan kesiapan sekolah menghadapi UN tahun 2020. Namun pihaknya juga ingin memastikan kesiapan sekolah menghadapi perubahan regulasi soal penyelenggaraan pendidikan dibawah kepemimpinan Menteri Nadiem.

“ Kita perlu melakukan sosialisasi persiapan dan pelaksanaan UN. pasalnya tahun ini sekolah yang menentukan lulus tidaknya peserta UN dimaksud. kebijakan dan keputusan Menteri ini memang harus kita sosialisasikan kepada seluruh sekolah pelaksana UN agar informasi tersebut sampai ke seluruh lembaga pendidikan dasar dan menengah di Malteng “, Tandas Askam kepada wartawan.

Di UN tahun 2020 yang mana sekolah diberikan kewenangan menentukan kelulusan, juga menjadi perhatian serius Askam, untuk memastikan keputusan sekolah dalam menentukan kelulusan benar benar dilaksanakan secara objektif.

“ Kita tetap berharap keputusan lulus tidaknya siswa peserta UN di Malteng dilakukan seobjektif mungkin. artinya mengedepankan kualitas dan tidak subjektif. jadi akan kita awasi seketat mungkin agar presentasi kelulusan kita nanti dapat tercapai ”; Jelasnya. (LM/*).

Advertisement

Gempa terkini di Indonesia

More in Kec. Kota Masohi